Dark/Light Mode

Peduli Korban Tsunami Selat Sunda

Kemendagri Siapkan Tim Pusat Dan Daerah

Selasa, 25 Desember 2018 11:56 WIB
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan kalau Kemenendagri siapkan tim pusat dan daerah untuk membantu korban tsunami di sepanjang Selat Sunda. (Foto: IG @tjahjo_kumolo)
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan kalau Kemenendagri siapkan tim pusat dan daerah untuk membantu korban tsunami di sepanjang Selat Sunda. (Foto: IG @tjahjo_kumolo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri), merespon cepat musibah tsunami Selat Sunda, yang melanda sebagian wilayah Provinsi Banten dan Lampung.

Baca juga : Bulog Gelontorkan Cadangan Beras Pemerintah Dan Dana CSR

"Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri telah menyiapkan tim yang melibatkan personil pusat dan daerah di Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang, untuk mendukung pengungkapan identitas korban meninggal maupun luka-luka", kata Mendagri Tjahjo Kumolo, Senin (24/12). "Saat ini, Dinas Dukcapil Serang dan Pandeglang telah siaga di kantor. Sebagian sudah ada di lapangan", imbuhnya.

Baca juga : Kerja Keras 24 Jam, PLN Pulihkan Kelistrikan Pasca Tsunami

Dijelaskan, tugas pokok Dukcapil Pusat yang utama adalah mengamankan jaringan dan akses biometrik, untuk kepentingan identifikasi para korban di lapangan. Selain itu, juga membantu pengungkapan identitas korban, dan menangani masalah penerbitan dokumen kependudukan yang hilang akibat bencana. Hal itu merupakan layanan dasar administrasi kependudukan bagi masyarakat yang tertimpa musibah.

Baca juga : Grand Mufti Lebanon Doakan Indonesia Kuat

Tjahjo juga mengatakan, secara gotong-royong, operasi ini dibantu Kepala Dinas Dukcapil Pandeglang dan Serang beserta tim teknis yang ada di daerah. "Posko Kemendagri dan pemerintah daerah setempat juga memberikan bantuan berupa makanan kue kering, mie instan, telor, susu kental, dan bahan pokok lainnya sebagai kebutuhan pokok masyarakat yang tertimpa musibah saat ini", papar Tjahjo. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.