Dark/Light Mode

KAI Salurkan Dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Rp 100 Juta di KM 0 Citarum

Senin, 10 Februari 2020 09:14 WIB
Penyerahan bantuan senilai Rp 70 juta secara simbolis dari PT KAI, untuk pembangunan gapura Desa Wisata Binaan KAI yang berada di Kelurahan Cikembang, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/2). (Foto: Humas KAI)
Penyerahan bantuan senilai Rp 70 juta secara simbolis dari PT KAI, untuk pembangunan gapura Desa Wisata Binaan KAI yang berada di Kelurahan Cikembang, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/2). (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyalurkan dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) senilai total Rp 100 juta, di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/2). Lokasi ini merupakan KM 0 Sungai Citarum. 

Dana itu dibagi untuk dua pos, dengan rincian Rp 70 juta untuk pembangunan gapura Desa Wisata Binaan KAI yang berada di Kelurahan Cikembang Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Sedangkan sisanya, Rp 30 juta untuk penanaman 4.600 bibit pohon di KM 0 Citarum. Bekerja sama dengan SMAN 4 Bandung.

Baca juga : Kemendagri Dorong Inovasi dan Fasilitasi Pengembangan Perpustakaan di Daerah

“Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan di Kab. Bandung ini adalah wujud BUMN Hadir Untuk Negeri, guna memajukan pembangunan infrastruktur, sekaligus melestarikan lingkungan hidup,” ujar EVP Daop 2 Bandung Fredi Firmansyah, usai meletakkan batu pertama pembangunan gapura di Kelurahan Cikembang, Kamis (6/2).

Fredi Firmansyah menambahkan, peran kawasan KM 0 Citarum sangat penting untuk masyarakat luas. Sebab, mata air yang berada di bawah Kaki Gunung Wayang tersebut, merupakan sumber dari Sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat.

Baca juga : Istri Mau Lahiran, Menteri Lingkungan Hidup Jepang Cuti 2 Minggu

Oleh sebab itu, Fredi berpesan kepada seluruh masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keasrian dan kebersihan lingkungan di wilayah ini.

Kedua bantuan tersebut merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility KAI Program Bina Lingkungan. Jenis bantuan yang disalurkan KAI dalam program tersebut terdiri dari bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum, bantuan sarana ibadah, bantuan pelestarian alam, dan bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Baca juga : Pertamina Salurkan Bantuan Banjir dan Longsor di Bogor

“Kami berharap, bantuan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutup Fredi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.