Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kumpulkan Gubernur

Siti Ngajak Ngebut Tangani Masalah Hutan dan Lingkungan

Sabtu, 16 November 2019 10:48 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menggelar pertemuan dengan gubernur se-Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti, Jumat (15/11).
Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menggelar pertemuan dengan gubernur se-Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti, Jumat (15/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, kemarin, menggelar pertemuan dengan gubernur se-Indonesia di kantornya.

Kegiatan ini dilakukan Siti untuk mendengarkan langsung pemaparan para kepala daerah tentang persoalan lingkungan hidup dan kehutanan di level akar rumput. 

“Saya bertemu untuk mendengarkan langsung, berdiskusi, dan mencari solusi bersama berbagai persoalan di tingkat tapak,” ungkap Siti. 

Baca juga : Bersama Tulus, Indonesia Suarakan Perlindungan Gajah dan Konservasi Lingkungan Hidup

Gubernur yang hadir dalam pertemuan itu antara lain Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Maji, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB0 Zulkieflimansyah. 

Siti mengungkapkan, persoalan yang dibahas dalam pertemuan antara lain tentang perencanaan kawasan, Tanah Objek Reforma Agraria (Tora) dan hutan sosial, konservasi, hutan produksi, rehabilitasi hutan dan lahan, pengendalian daerah aliran sungai, kebakaran hutan dan lahan, pencemaran dan pemulihan lingkungan, serta pengelolaan limbah. 

Selain itu, juga membahas mengenai desa-desa di dalam kawasan hutan, kekayaan genetik dan penegakkan hukum lingkungan. 

Baca juga : Wamen LHK Ajak Milenial Jaga dan Rawat Lingkungan

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Maji menilai positif langkah Menteri Siti melakukan pembahasan persoalan lingkungan hidup dan kehutanan. 

Ali terkesan dengan pemaparan Menteri Siti yang menunjukan komitmennya untuk menyelesaikan berbagai persoalan di lapangan dengan cepat. 

“Kalau ada masalah, Ibu Menteri minta segera dilaporkan agar bisa kita selesaikan bersama-sama. Misalnya, permohonan kawasan hutan, koservasi yang belum diselesaikan segera laporkan. Semua harus ditangani bersama-sama, baik pusat, daerah dan stakeholder lainnya,” ungkap Ali. 

Baca juga : Kerja di Darat Malah Berurusan Sama KPK

Seperti diketahui, Menteri Siti tengah berupaya memperkuat penindakan pelanggaran hukum di sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Belum lama ini, Menteri Siti melakukan pertemuan dengan Kapolri Idham Azis membahas penyelesaian berbagai persoalan kehutanan seperti pembalakan liar dan kebakaran hutan dan lahan.[FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.