Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bank DKI Sukses Lakukan Sinergi BUMD, OJK Minta BPD Lain Tiru

Minggu, 1 Maret 2020 19:21 WIB
Logo Bank DKI (Foto: Istimewa)
Logo Bank DKI (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong Bank DKI untuk terus mengembangkan sinergi BUMD. Pengembangan ini agar ke depan sinergi itu bisa dijadikan percontohan bagi Bank Pembangunan Daerah (BPD) lainnya. 

Baca juga : OJK Dorong Bank DKI Perkuat Sinergi BUMD

"Kami apresiasi dengan dimulai oleh Bank DKI yang membangun sinergi dengan baik. Kami ajak kawan-kawan BPD lainnya untuk meniru DKI agar sinergi di daerah bisa membangun daerahnya masing-masing," kata Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK, Achmad Soekro Tratmono, dalam acara Seminar BPD Seluruh Indonesia dan Sinergi BUMD DKI Jakarta, di Jakarta, Minggu (1/3).
 
Tujuannya, kata Soekro, adalah OJK ingin agar BPD menjadi tuan rumah di daerahnya bagi pembangunan daerah dan mengembangkan potensi daerah agar menjadi modal utama pembangunan daerah. "Karena BPD adalah bank yang tahu kultur dan karakter prilaku daerahnya. Karena itu, OJK akan mendorong BPD untuk lebih maju dari sekarang." 
 
Untuk mewujudkan seperti itu, ucap Soekro, OJK membuat master plan 2020-2024 yang berisi beberapa. Pertama, melakukan penguatan ketahanan dan daya saing dengan cara konsolidasi dan perkuatan permodalan. Kedua, transformasi BPD ke sistem digital dan digitalisasi produk. Ketiga, percepatan perkembangan ekosistem jasa keuangan seiring dengan pembangunan. Keempat, meningkatkan literasi inklusi keuangan. Kelima, percepatan dan perluasan pengawasan berbasis teknologi. Keenam, peningkatan skala ekonomi industri melalui skala peningkatan minimum dan akselerasi konsolidasi. Ketujuh, mitigasi risiko yang ada.
 
"Kami ingin BPD lebih maju dan lebih bermanfaat pada masyarakat daerah. Kami sambut baik sinergi yang terus dikembangkan, melalui sinergi juga kami dorong BPD untuk konsolidasi menyelesaikan permasalahan BPD. Jadilah BPD tuan rumah di daerahnya," tuturnya.
 
Direktur Utama Bank DKI, Zainuddin Mappa, menuturkan, pihaknya secara konsisten terus membangun sinergi BUMD di DKI Jakarta. Ada pun jenis sinergi Bank DKI bersama BUMD di Jakarta antara lain adalah sinergi pada sektor transportasi dengan mengakomodir layanan non tunai dengan JakCard di TransJakarta, MRT, Railink, dan commuter line.
 
Sinergi BUMD juga dilakukan di sektor ketahanan pangan antara Bank DKI bersama Food Station dengan memberikan Kartu Pedagang di Pasar Cipinang, bersama Pasar Jaya dengan menyediakan Tabungan Monas Bisnis Perkulakan. Sinergi BUMD sektor UMKM bersama Dinas UMKMP dan Dinas Perindustrian DKI Jakarta untuk pada program kredit pada peserta Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).
 
Bank DKI, tutur Zainuddin, juga membangun sinergi BUMD Pada Sektor Pariwisata dengan PT Jakarta Tourisindo untuk pemanfaatan layanan jasa perbankan dan jasa perhotelan dengab memberikan fasilitas akses pembiayaan dan layanan e-channel seperti Cash Management System (CMS), layanan fasilitas perbankan berupa pembukaan rekening tabungan, deposito dan giro serta pemberian fasilitas Kredit Multi Guna dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kepada karyawan PT Jakarta Tourisindo. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.