Dark/Light Mode

Didukung Sistem Enterprises Resources Planning SAP

Cegah Corona, Mulai Hari Ini, PT Angkasa Pura II Terapkan Work From Home

Senin, 16 Maret 2020 23:40 WIB
Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin (Foto: Istimewa)
Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) menerapkan kebijakan kerja dari rumah (work from home/WFH) mulai 16 Maret hingga 31 Maret 2020, atau sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Secara penuh, kebijakan WFH sudah diimplementasikan pada hari ini,  Senin (16/3), bagi luruh karyawan yang berdinas di Kantor Pusat Gedung 600, kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

Secara bertahap, WFH juga diterapkan di Kantor Divisi, 19 Kantor Cabang, serta seluruh anak perusahaan.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, protokol WFH ini dijalankan sebagai bagian dari upaya memproteksi SDM perseroan di tengah tantangan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Baca juga : Tangkal Virus Corona Masuk ke Indonesia, PT Angkasa Pura II Siapkan 11 Langkah Jitu

"Jumlah total karyawan PT Angkasa Pura II sekitar 10.000 karyawan, belum termasuk karyawan di anak perusahaan. Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, kami menerapkan konsep social distancing dalam bekerja melalui kebijakan WFH ini. Kebijakan ini tidak mengurangi pendapatan yang sudah diterima karyawan setiap bulannya," papar Awaluddin.

Ia menambahkan, PT Angkasa Pura II sangat siap dalam menjalankan WFH, karena sudah memiliki sistem Enterprise Resources Planning [ERP] SAP yang memiliki fungsi back office seperti administrasi keuangan, komersial, dan human capital.

Selain itu, juga terdapat aplikasi Sistem Dokumen Elektronik [Si Doel]. Seluruhnya dapat diakses dengan notebook masing-masing karyawan, untuk bekerja secara remote.

Di samping itu, karyawan juga dapat mengakses aplikasi internal yaitu iPerform melalui android dan iOS, yang di antaranya terdapat mobile learning serta aktivitas operasional di bandara-bandara PT Angkasa Pura II.

Baca juga : PGN Pastikan Layanan dan Pembangunan Infrastruktur Tetap Normal

Adapun WFH di PT Angkasa Pura II mengusung konsep Split Team, di mana resources pada setiap Unit Kerja dibagi menjadi dua tim, dengan tetap memperhatikan optimalisasi.

Setiap harinya, masing-masing tim akan bergantian bekerja di rumah dan di kantor. Misalnya, Tim A bekerja di rumah pada hari Senin-Rabu-Jumat, dan Tim B pada Selasa-Kamis.

Sementara itu WFH berlaku penuh setiap hari bagi karyawan dengan usia 50 tahun ke atas, memiliki riwayat penyakit pernafasan atau paru-paru pada 2 tahun terakhir, serta dalam kondisi tidak sehat.

“Kami berharap, kebijakan WFH ini mampu memproteksi seluruh karyawan PT Angkasa Pura II secara optimal," ujar Awaluddin.

Baca juga : Ada Corona, Industri Telko Butuh Suplemen

PT Angkasa Pura II juga melakukan penyesuaian terhadap jam kerja karyawan bagian operasional bandara. Sehingga, aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan di seluruh bandara PT Angkasa Pura II tetap terjaga. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.