Dark/Light Mode

Begini Cara Pertamina Perkuat UMKM di Tengah Wabah Corona

Selasa, 31 Maret 2020 20:23 WIB
UMKM binaan Pertamina. (Dok. Pertamina)
UMKM binaan Pertamina. (Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai wujud nyata penguatan UMKM di Indonesia, khususnya dalam kondisi wabah virus Corona, PT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan telah menyalurkan dukungan berupa bantuan permodalan. Hingga Maret 2020, bantuan yang disalurkan sudah sebesar Rp 33,7 miliar ke 402 UMKM yang tersebar di 13 provinsi di Indonesia.

Area pesebarannya meliputi Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. Dukungan diberikan kepada UMKM berbagai sektor. Mulai dari sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, jasa, sampai perkebunan. 

Baca juga : KLHK Bantu Petani Tingkatkan Produksi di Tengah Pandemi Corona

Selain permodalan, Pertamina juga memberikan dukungan terkait bantuan perizinan dan sertifikasi untuk mendukung kelancaran usaha bagi 102 pelaku usaha yang tersebar di Sumatera Utara, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bantuan ini berupa kegiatan pendampingan perizinan meliputi PIRT, IUMK, serta pelatihan dan sertifikasi halal dan barcode produk. Kegiatan pendampingan dimulai dari pengisian form pendaftaran, pendaftaran, audit, hingga terbitnya sertifikat atau perizinan. 

Fajriyah Usman, VP Corporate Communication Pertamina, menyampaikan bahwa bantuan permodalan, perizinan, serta sertifikasi UMKM merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap permasalahan dunia usaha di tengah pandemik yang dihadapi. "Bantuan permodalan dan pendampingan dalam Program Kemitraan Pertamina bertujuan untuk membantu UMKM agar tetap produktif sekaligus membangun perekonomian lokal. Kami berharap bantuan ini dapat mendorong UMKM naik kelas dengan tetap mengembangkan bisnisnya serta meningkatkan pendapatan dalam kondisi apa pun," ungkapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (31/3).

Baca juga : Ini Syarat Pemda Bisa Cairkan Anggaran BTT Tangani Corona

Fajriyah menambahkan, Program Kemitraan Pertamina bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar lebih produktif, tangguh, dan mandiri. Selain modal, melalui Program ini, UMKM juga bisa mendapatkan fasilitas pelatihan, pembinaan, serta pendampingan usaha.

Menurutnya, upaya penguatan UMKM merupakan aspek penting dalam meningkatkan perekonomian. Untuk itu, sebagai BUMN, Pertamina peduli terhadap keberlangsungan UMKM untuk tetap tumbuh dan berkembang di tengah kondisi tekanan terhadap dunia usaha. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.