Dark/Light Mode

Di Tengah Wabah Covid-19, Pertamina Siaga Amankan Pasokan Energi Nasional

Sabtu, 4 April 2020 08:13 WIB
Di Tengah Wabah Covid-19, Pertamina Siaga Amankan Pasokan Energi Nasional

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pandemi global Covid-19 dan turunnya harga minyak mentah dunia, PT Pertamina (Persero) siaga menjamin pasokan energi nasional aman dan mencukupi di seluruh wilayah Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, saat ini bisnis migas dunia dihadapkan pada kondisi penyebaran wabah virus Corona di hampir semua negara di dunia, yang mengakibatkan adanya pembatasan wilayah (lockdown). Serta penurunan harga dan konsumsi energi.

Baca juga : Darurat Covid-19, Kemenag Tunda Layanan Akad Nikah

Namun, Pertamina selaku penyedia energi di Indonesia, tetap menjalankan proses bisnisnya. Mulai dari kegiatan di hulu, pengolahan dan hilir migas, hingga penambahan impor minyak mentah maupun produk BBM dan LPG untuk memastikan ketersediaan energi.

"Tambahan impor minyak mentah akan meningkatkan ketersediaan minyak mentah dalam negeri, yang akan diolah di kilang Pertamina. Sementara tambahan impor produk akan memanfaatkan storage yang tersedia di Indonesia, baik di darat maupun floating," ujar Fajriyah.

Baca juga : Apresiasi Perppu Covid-19, HNW Ingatkan Hati-hati Alokasikan Anggaran

Meski ada tambahan impor minyak mentah,  Pertamina tetap mengutamakan penyerapan minyak mentah dalam negeri. Baik dari bagian pemerintah (government intake), anak perusahaan Pertamina, dan pembelian bagian KKKS.

Tercatat, sampai akhir Februari 2020, total minyak mentah domestik yang diserap dan diolah Pertamina berjumlah 669 MBPD. Atau sekitar 92 persen dari produksi minyak mentah nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.