Dark/Light Mode

GITET Mandirancan Dan Bandung Selatan Sukses Pasok Listrik Ke Pulau Jawa

Selasa, 12 Mei 2020 19:45 WIB
GITET Mandirancan Dan Bandung Selatan Sukses Pasok Listrik Ke Pulau Jawa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ditengah Pandemi Covid-19, PLN tetap bekerja sepenuh hati. Kali ini PLN berhasil melakukan pemberian tegangan pertama (energize) pada dua Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) 500 kiloVolt (kV) Mandirancan Extension di Kabupaten Kuningan, dan GITET 500 kV Bandung Selatan Extension di Kabupaten Bandung.

GITET Mandirancan dan GITET Bandung Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional dan berperan penting untuk meningkatkan keandalan listrik di Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca juga : Enggar Kirim Bantuan APD, Bupati Anas: Akan Kami Berikan Ke Petugas Kesehatan

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami bersyukur GITET Mandirancan Extension dan GITET Bandung Selatan Extension dapat selesai tepat waktu dan sudah berhasil dialiri listrik,” tutur General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (JBT) II, Eko Priyantono Aviantoro, Selasa (12/5/2020). 

Dijelaskan, GITET ini berperan penting untuk menyalurkan daya listrik dari arah PLTU Tanjung Jati dan PLTU Batang ke arah Indramayu dan Bandung Selatan, termasuk Ujungberung.

Baca juga : MUI Haramkan ODP, PDP dan Berstatus Positif Ke Masjid

Sementara GITET Bandung Selatan mempunyai peran menghubungkan SUTET 500 KV Mandirancan – Bandung Selatan dengan SUTET 500 KV Tasik – Depok, sehingga SUTET 500 KV Jalur Utara akan terhubung dengan SUTET 500 KV Jalur Selatan.

Hal ini kata dia, tentu akan meningkatkan keandalan di sistem Jawa – Bali dan meningkatkan kapasitas penyaluran tenaga listrik, khususnya dari Timur ke Barat Jawa.

Baca juga : Pimpinan MPR dan Pimpinan DPD Sepakat Jaga Situasi Politik Kondusif

“Kami berharap dengan beroperasinya GITET extension ini dapat meningkatkan keandalan listrik di sistem Jawa Bali,” ucap Eko.

Dalam proses pengerjaan proyek ini, PLN selalu memperhatikan protokol kesehatan di lingkungan proyek dengan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum bekerja, penyediaan alat pelindung diri, masker, hand sanitizer atau tempat cuci tangan, dan menyemprotkan desinfektan lokasi kerja kendaraan, dan peralatan kerja. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.