Dark/Light Mode

Mal Dibuka Lagi, Ombudsman: Rawan Jadi Penyebaran Covid-19 Baru

Selasa, 26 Mei 2020 18:36 WIB
Ilustrasi mal. (Foto: net)
Ilustrasi mal. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pusat perbelanjaan atau mal akan kembali dibuka mulai 5 Juni. Ombudsman khawatir kebijakan tersebut akan menjadi pusat penyebaran baru virus corona (Covid-19).

Anggota Ombudsman Alvin Lie menilai, rencana tersebut. Terkesan tergesa-gesa. Karena, saat ini wabah Covid-19 di Jakarta belum terlihat menurun.

"Langkah ini agak tergesa-gesa, mengingat hingga saat ini jumlah penduduk positif Covid-19 di Indonesia masih bertambah setiap hari dan belum melandai, apalagi menurun," ujarnya kepada Rakyat Merdeka, Selasa (26/5).

Baca juga : Gelar Halal Bihalal Online, Menperin Ajak Kadin Cs Perangi Covid-19

Alvin mengaku khawatir saat mal dibuka akan terjadi penumpukan dan sudah pasti resikonya sangat besar. "Kita sudah belajar ketika pemerintah melonggarkan pergerakan penumpang pesawat itu juga terjadi penumpukan di bandara," katanya.

Ia sangat mewanti-wanti agar merancang kebijakan tersebut dengan baik. Melakukan simulasi dan pelatihan sebelum benar-benar diterapkan di lapangan. Semua pihak, kata Alvin mulai dari pemerintah daerah, pengelola mal, hingga pedagang sudah mengetahui dan dapat menerapkan protokol dan standar operasi tersebut dengan benar ketika mal kembali dibuka.

"Kalau kondisi darurat ada yang pingsan di sana, ada yang ternyata kena Covid-19 bagaimana SOP-nya. Tanpa latihan dan simulasi saya khawatir itu akan membuat suasana lebih buruk lagi," jelasnya.

Baca juga : Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Terapkan Protokol Baru

Alvin mengingatkan bahwa rencana pemerintah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan membuka mal bisa mempersulit penanganan penyebaran Covid-19.

"Kalau ini dilakukan secara terburu-buru, saya khawatir Covid-19 bukannya mereda, tapi justru meluas semakin parah dan ujung-ujungnya akan dilakukan PSBB lagi," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, 64 mal di Jakarta siap kembali beroperasi mulai 5 dan 8 Juni 2020. APPBI DKI Jakarta menyatakan kesiapannya membuka kembali mal dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.