Dark/Light Mode

Siap Dibuka Lagi

Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Terapkan Protokol Baru

Senin, 25 Mei 2020 08:56 WIB
Ilustasi Candi Prambanan di Yogyakarta, Jawa Tengah. (Foto: wikipedia)
Ilustasi Candi Prambanan di Yogyakarta, Jawa Tengah. (Foto: wikipedia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko memang masih belum dibuka akibat pandemi Covid-19. Namun, ketiga wisata candi di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini sedang mempersiapkan diri untuk dibuka kembali. Persiapan dilakukan dengan menerapkan protokol-protokol baru.

Sekretaris PT Taman Wisata Candi (TWC), Emilia Eny Utari menerangkan, penutupan sendiri memperhatikan ketentuan BNPB terkait masa tanggap darurat bencana. Penutupan operasional TWC masih akan dilakukan sampai 29 Mei 2020.

Baca juga : Libur Lebaran, Turki Terapkan Lockdown Selama Empat Hari

Selain itu, ia menjelaskan, perpanjangan penutupan operasional dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi di Jawa Tengah dan DIY. Sejauh ini, kasus Covid-19 di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta masih terbilang belum kondusif.

"Selama masa jeda tersebut, PT TWC sedang mempersiapkan perubahan standar dan protokol baru menuju the new normal pariwisata di dalam kawasan TWC," kata Emilia seperti dilansir Warta Ekonomi.

Baca juga : Di Rumah Aja Saat Ramadan, BNI Siapkan Promo

Menurut Emilia, persiapan protokol dilakukan dengan mengutamakan kebersihan dan kesehatan lingkungan. Tujuannya tidak lain akan terbebas dan aman dari Covid-19. "Sehingga, dapat memberikan rasa nyaman bagi wisatawan yang berkunjung di Taman Wisata Candi ketika dibuka kembali," ujarnya.

Sebelumnya, Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko sudah mulai ditutup sejak 16 Maret 2020. Penutupan ketiga obyek pariwisata andalan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.