Dark/Light Mode

Aqua Galon Masih Jadi Pilihan Konsumen Selama PSBB

Senin, 8 Juni 2020 11:42 WIB
Aqua Galon. (Foto: ist)
Aqua Galon. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Permintaan air minum galon guna ulang Aqua selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) meningkat. Aqua pun terus berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat.

Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin mengatakan, selama ini Danone berusaha untuk tetap memenuhi kebutuhan minuman keluarga Indonesia termasuk kebutuhan akan minuman sehat dan berkualitas di rumah. 

"Kami mengikuti aturan pemerintah dan menerapkan protokol keamanan dan kualitas yang ketat mulai dari proses produksi hingga produk siap dikonsumsi," ujar Arif dalam siaran pers, Senin (8/6).

Penjual Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) mengungkapkan, air minum dalam kemasan galon guna ulang masih menjadi pilihan konsumsi keluarga di rumah. Selama tiga bulan ini permintaan AMDK galon isi ulang lebih banyak dari sebelum terjadinya wabah virus corona itu. Mereka yakin, air galon aman dari virus corona. 

Baca juga : Hari Ini, Masjid Istiqlal Belum Gelar Jumatan

"Saya yakin kalau air galon dari pabrik yang saya jual selama bertahun-tahun ini terjamin keamanannya. Bahkan selama musim seperti sekarang ini penjualan air galon Aqua saya lebih meningkat dari sebelumnya. Mungkin sebagian besar pekerja dan pelajar ada di rumah ya," ujar Syafei pedagang tradisional di kawasan Ciracas Jakarta Timur. 

"Pelanggan saya juga percaya dengan Aqua galon yang saya jual kalau pesannya langsung dari distributor resmi jadi lebih yakin," tambah Syafei yang mengaku telah berjualan lebih dari 20 tahun.

Hal senada juga diungkapkan oleh Farid, pemilik toko kelontong yang menjual berbagai merek AMDK di Krukut Jakarta Barat. Sejak musim pandemi melanda, dia mengakui penjualan air minum dalam botol kecil mengalami penurunan. Namun, kemasan galon justru mengalami kenaikan.

“Sejak PSBB diberlakukan pelanggan rumah tangga saya lebih banyak pesan galon karena lebih ekonomis. Sekarang kan pada di rumah makanya permintaan kemasan galon lebih banyak keluarnya," ungkapnya.

Baca juga : Ridwan Kamil Kirim Surat Pengajuan Perpanjang PSBB

Seorang ibu rumah tangga di Depok, Yani, mengaku sudah puluhan tahun keluarganya menggunakan air minum galon guna ulang Aqua karena dia percaya kualitas dan keamanan produk galon buatan pabrik tersebut. "Aqua galon sudah pasti kualitasnya dan saya tidak pernah mengalami masalah dalam mengkonsumsi produk itu. Produknya pun mudah didapat," ujar Yani. 

Air minum berkualitas yang dikemas dalam kemasan galon guna ulang telah melalui proses pengolahan dengan memenuhi syarat mikrobiologi, klinis, dan syarat fisik serta terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM memberikan Nomor Izin Edar (NIE) pada label kemasan pangan baik untuk sekali pakai maupun guna ulang seperti air minum kemasan galon. 

Hal ini menandakan produk telah memenuhi persyaratan pangan terhadap keamanan, mutu, dan gizi serta harus sudah memenuhi semua syarat dalam regulasi terkait untuk memastikan keamanannya.

"Jika sudah mendapatkan izin edar artinya produk tersebut sudah sesuai dengan standar keamanan pangan yang ditetapkan pemerintah baik dari segi kualitas produk dan proses produksinya," jelas Direktur Standardisasi Pangan Olahan BPOM, Dra. Sutanti Siti Namtini dalam sesi webinar mengenai keamanan pangan kemasan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Dian Sastro Rajin Bikin Konten Saat Pandemi

Penegasan BPOM sebagai lembaga resmi pemerintah untuk kesehatan pangan masyarakat tentu membuat konsumen maupun pedagang air minum kemasan galon guna ulang yang selama ini mengkonsumsi dan melayani pelanggan menjadi lebih tenang.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ahmad Sulaeman memastikan, air kemasan galon guna ulang sudah terbukti aman dikonsumsi karena sudah ada dan dikenal masyarakat selama puluhan tahun dan sudah terbukti kualitasnya dalam melindungi produk air minum kemasan.

"Setiap produk yang sudah dikemas dan disegel sesuai standar yang telah ditetapkan berdasarkan regulasi pemerintah, sudah pasti higienis dan aman dikonsumsi," ujar Ahmad Sulaeman yang juga merupakan Pakar Keamanan Pangan.

Arif menambahkan, selama puluhan tahun, kemasan galon guna ulang Aqua telah dikenal dan digunakan masyarakat Indonesia dan menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan karena dapat digunakan dan diisi ulang kembali di pabriknya. "Saat ini, sebagian besar masyarakat menggunakan air minum kemasan galon guna ulang di rumah, sekolah dan tempat kerja karena produk ini sudah dikenal dan beredar di pasar selama puluhan tahun," tutur dia. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.