Dark/Light Mode

Livestreaming Lazada Hadirkan Interaksi Langsung Penjual dan Konsumen

Rabu, 17 Juni 2020 10:30 WIB
Salah satu fitur LazLive (Foto: Dok. Lazada)
Salah satu fitur LazLive (Foto: Dok. Lazada)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di April lalu, Lazada, melalui teknologi livestreaming-nya (LazLive) berhasil menarik lebih dari 27 juta penonton dari 6 negara di kawasan Asia Tenggara. Keberhasilan ini karena banyak brand dan juga penjual individu memanfaatkan fitur interaktif online tersebut untuk berinteraksi langsung dengan konsumen di tengah pandemi Covid-19. 

Jumlah angka penonton yang besar ini juga tercermin di Indonesia. Ada kenaikan jumlah penonton 25 persen di Mei dibandingkan jumlah penonton channel LazLive di April.

Pada April, total pertumbuhan angka transaksi alias gross merchandise value (GMV) yang dihasilkan melalui LazLive meningkat 45 persen. Ini membantu meningkatkan penjualan brand dan juga seller individu meskipun adanya peraturan PSBB dan juga anjuran karantina mandiri di seluruh kawasan Asia Tenggara.  

Baca juga : Polikultur, Solusi Cerdas Hadapi Tantangan Keterbatasan Lahan Pengembangan Manggis

Dengan memanfaatkan teknologi mutakhir Alibaba, Lazada menjadi standar tertinggi di Kawasan Asia Tenggara dalam menghadirkan pengalaman terbaik untuk teknologi livestreaming. Lazada menjadi satu-satunya platform e-Commerce di Asia Tenggara yang menawarkan fitur 'See-Now-Buy-Now' (Lihat-Sekarang-Beli-Sekarang) melalui LazLive. Hal ini yang mendorong lebih banyak penonton kembali menonton LazLive di hari berikutnya, sehingga mencetak angka lonjakan kunjungan per hari sebanyak 40 persen sejak April.  

“LazLive menerapkan sistem inklusif (closed loop) untuk transaksi dalam aplikasi, yang memungkinkan transaksi lebih tinggi dan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen. Krisis kesehatan masyarakat saat ini mendorong meningkatnya keinginan akan sebuah pengalaman belanja digital yang baik. LazLive merupakan teknologi berharga bagi brand dan seller untuk berinteraksi dengan konsumen di tengah kondisi normal baru,” ungkap Pierre Poignant, Chief Executive Officer Lazada Group, dalam keterangannya, Rabu (17/6).

“Di akhir Juni, kami menargetkan peningkatan frekuensi sesi LazLive sebesar 50 persen dan total kenaikan penonton sebesar 40 persen dibandingkan saat ini. Kami terus membantu para pelaku usaha untuk senantiasa membangun hubungan dengan konsumen melalui teknologi yang inovatif, saat terjadi perubahan perilaku konsumen dan praktek usaha di seluruh Asia Tenggara akibat Covid-19,” tambahnya.  

Baca juga : Budidaya Bawang Merah Ramah Lingkungan Dukung Produksi Aman Konsumsi

Dia menerangkan, saat ini semakin banyak brand dan seller mengadopsi LazLive sebagai alat efektif untuk memperluas arus pemasukan. Di Thailand, lebih dari 90.000 penonton menyaksikan salah satu sesi LazLive milik Shiseido. Sesi tersebut berhasil meningkatkan GMV sebanyak 40 kali lipat dibandingkan dengan jam normal. Produk-produk dengan harga khusus di LazLive terjual habis dalam 30 menit pertama. Di Indonesia, Xiaomi berhasil meningkatkan pengikut di official store hingga ribuan jumlahnya setelah mereka menggunakan channel LazLive baru-baru ini untuk seri Redmi terbarunya.  

Untuk mendorong agar lebih banyak brand dan seller dapat tetap berinteraksi dengan konsumen selama periode PSBB ini, paket eksklusif untuk sellers, termasuk di antaranya kemudahan untuk dilihat, peluang pembelajaran online terpadu, dan episode livestreaming gratis ditawarkan kepada para peserta baru di LazLive. Jumlah akun baru LazLive telah meningkat sebesar 70 persen pada April dibandingkan dengan bulan normal.

Di Indonesia, saat ini sudah terdapat lebih dari 12.000 akun yang mendapatkan akses LazLive di Mei. Angka ini menunjukkan kenaikan akun pengguna LazLive hampir lebih dari 2 kali lipat dibanding total keseluruhan akun pengguna LazLive di 2019. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.