Dark/Light Mode

Nggak Buang Waktu, Tokopedia Langsung Tarik Penjualan Surat Bodong Bebas Covid-19

Kamis, 14 Mei 2020 20:17 WIB
Surat bodong keterangan bebas Covid-19. (Foto: Istimewa)
Surat bodong keterangan bebas Covid-19. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seharian ini beredar foto produk surat keterangan sehat bebas Covid-19 yang dijual di laman Tokopedia dengan harga Rp 70.000. Tangkapan layar dari e-commerce ini viral di media sosial Twitter.

Produk surat ini beralamatkan web suratdokterindonesiaaa.blogspot.com. Pengguna ini jualan surat sehat bebas Covid-19 dengan kop surat RS Mitra Keluarga Gading Serpong, Kabupaten Tangerang.

Baca juga : Lawan Corona, Prodia Layani Pemeriksaan PCR Covid-19

Tokopedia sendiri mengakui, barang tersebut sempat dijual di laman e-commerce mereka. Namun, tak lama Tokopedia langsung mencabutnya.

"Setelah mendapat laporan dari pengguna, Tokopedia langsung menindak produk tersebut dan sudah menurunkan produk surat bebas dari Covid-19 itu sesuai prosedur," kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya melalui keterangannya, Kamis (14/5).

Baca juga : Mudik Tetap Dilarang, Yang Boleh Bepergian Hanya Yang Terkait Penanganan Covid-19

Produk kontroversial ini sempat terpampang karena marketplace Tokopedia bersifat user generated content (UGC). Maksudnya, setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri.

"UGC sangat bermanfaat. Akan tetapi, tetap harus kami sertai dengan aksi proaktif untuk menjaga norma dan hukum yang berlaku," ujarnya.

Baca juga : Basarah Ajak Berhijrah dalam Paradigma Pendidikan Nasional Pasca Covid-19 

Chandra mengimbau masyarakat pengguna Tokopedia melaporkan produk yang melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia dan atau hukum yang berlaku di Indonesia. "Silakan lapor melalui dari fitur 'Laporkan' yang ada di setip halaman produk," pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.