Dark/Light Mode

Terus Cetak Rekor Kontribusi Untuk Negara, Total Setoran Pertamina Tembus Rp 181,5 Triliun

Jumat, 19 Juni 2020 20:22 WIB
Terus Cetak Rekor Kontribusi Untuk Negara, Total Setoran Pertamina Tembus Rp 181,5 Triliun

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina terus menunjukkan kontribusi nyata yang tidak tanggung-tanggung, untuk pembangunan Indonesia.

Setelah pada tahun 2018 membukukan setoran pajak dan dividen terbesar dalam sejarah Pertamina, yaitu senilai Rp 120,8 triliun, kali ini Pertamina kembali mencetak rekor terbarunya berupa setoran pajak dan dividen, yang menembus angka Rp 136,6 triliun pada 2019.

Baca juga : Laba Usaha Indofood CBP Tembus Rp 2,8 Triliun

VP Corporate Comunication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, setoran ini meningkat sekitar 13 persen dibanding periode sebelumnya, yang hanya Rp120,8 triliun.

“Nilai tersebut merupakan keseluruhan kontribusi pembayaran pajak-pajak 2019 dan dividen dari Pertamina Grup, hasil laba tahun buku 2018 yang dibayarkan pada tahun 2019. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp 128,6 triliun berupa pajak dan Rp 8,0 triliun berupa dividen,” jelas Fajriyah.

Baca juga : Jelang Lebaran, Mandiri Syariah Siapkan Uang Tunai Rp 1,7 Triliun

Jumlah itu belum termasuk kontribusi dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kegiatan hulu migas dan geothermal yang mencapai Rp 43,7 triliun serta Signature Bonus sebesar Rp 1,2 triliun. Seiring perolehan wilayah kerja baru di anak perusahaan hulu migas Pertamina.

Sehingga, total kontribusi Pertamina ke negara sepanjang 2019 mencapai Rp 181,5 triliun.

Baca juga : Naik Tipis, Utang Luar Negeri Tembus Rp 5.791 Triliun

"Pertamina semakin mengukuhkan tekad  untuk menjalankan peran sebagai BUMN dan berkontribusi bagi bangsa dengan memperkuat ketahanan energi nasional, ketahanan ekonomi negara, memperkuat akses pelayanan hingga kontribusi positif yang dipersembahkan untuk negara," tutur Fajriyah.

"Kami terus berkomitmen meningkatkan kontribusi pada negara untuk memperkuat APBN, di samping kontribusi kepada masyarakat melalui berbagai program CSR dan Kemitraan" tutup Fajriyah. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.