Dark/Light Mode

Bantu Startup, BRI Ventures Gelontorkan Dana Segar Rp 300 M

Rabu, 24 Juni 2020 13:18 WIB
Ilustrasi Bank BRI. (Foto: net)
Ilustrasi Bank BRI. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui anak usahanya PT BRI Ventures Investama (BVI) siap menggelontorkan dana segar sebesar Rp 300 miliar kepada para usaha rintisan (startup). 

Bantuan dalam bentuk dana ventura bertajuk Dana Ventura BVI Saham Alokasi Sembrani Nusantara. Langkah ini sebagai lanjutan upaya BVI yang mendapat effective letter dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait pembentukan dana ventura. 

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan, nama Sembrani diberikan di mana pihaknya memiliki visi menciptakan startup yang tangguh. “Sembrani itu diambil dari mitos Jawa dari nama kuda yang dikendarai oleh Batarawisnu. Di mana fokus kami Indonesia, membiayai startup lokal yang memiliki visi ke depan secara kreatif dan inovatif,” sebutnya dalam peluncuran Dana Ventura BVI Saham Alokasi Sembrani Nusantara secara virtual di Jakarta, Rabu (24/6).

Ia menyebutkan, beberapa sektor startup yang dibiayai tak jauh dari keuangan seperti fintech, namun sektor yang kini tengah dicari adalah earth (bumi) keberlangsungan kehidupan umat manusia, edukasi, ritel, agromaritim serta transportasi. Meski di tengah krisis ekonomi saat pandemi ini, Nicko percaya investasi semacam ini tetap baik dilakukan. Apalagi tak sedikit pula justru startup yang lahir saat krisis. 

Baca juga : Bantu RI Hadapi Covid-19, Australia Gelontorkan Rp48M Lewat Unicef

“Biasanya keterbatasan menciptakan kreativitas dan inovasi,” imbuhnya.

Terkait target, dia tidak mau mematok dalam jangka waktu berapa tahun dana sebesar Rp 300 miliar ini bisa terserap semua. Karena menurutnya, sebagai early stage, modal tersebut tidak mungkin cepat terserap.

“Sudah ada komitmen beberapa institusi untuk kita biayai, tapi minimal tahun ini sekitar 10-15 persen bisa terserap. Sekitar 2-3 tahun pun itu belum tentu, kita sebenarnya nggak ada timeline kita lihat nanti. Seiring berjalannya waktu, karena tak ada yang pasti saat ini,” ujar Nicko.

Terobosan ini juga selaras dengan strategi bank BRI sebagai perusahaan induk, di mana BRI memiliki komitmen terhadap pemberdayaan UMKM di Indonesia. Pendanaan akan difokuskan untuk seed-growth stage yang terdiri dari seed funding dan pendanaan awal Seri A (Series A).

Baca juga : Buka KTT Gavi, Inggris Galang Dana untuk Vaksin Murah

Di kesempatan yang sama, Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 2B OJK Bambang W Budiawan mengatakan, tren pertumbuhan venture capital menunjukkan adanya progress seiring berjalannya. Makin banyaknya startup kreatif muncul membuat kebutuhan pendanaan semacam ventura juga banyak dicari.

“Diharapkan dalam menyalurkan pembiayaan, perusahaan ventura juga melakukan pendampingan kepada startup sehingga bertumbuh dan mandiri juga sustain, serta berkontribusi bagi ekonomi nasional,” ucapnya.

Dari data OJK, industri modal ventura hingga Mei 2020 memiliki asset sebesar Rp 19,1 triliun atau naik Rp 5,2 triliun dibanding tahun lalu. Namun tetap perlu wapsada indikasi penurunan aset modal ventura sebesar Rp 0,5 triliun atau sekitar 2,4 persen dibading bulan sebelumnya (month to month/mth).

Dari sisi pembiayaan penyertaan modal ventura mencapai Rp 4,6 triliun naik dari tahun lalu sebesar  37,4 persen. Sementara laba mencapai naik signifikan hingga 271,5 persen yoy dan 18,7 persen mtm atau setara Rp 193 miliar.

Baca juga : Bantu Warga Terdampak Covid-19, Angkasa Pura l Gelontorin Rp 5,4 M

Untuk sumber pendanaan pinjaman bank dan nonbank lembaga periode April 2020 mencapai Rp 4,2 triliun. “Konsisi tersebut harus lebih aware dan tetap waspada bagi industri modal ventura ini, karena dinilai cukup resilient (tahan) dan mampu melewati masa sulit seperti masa krisis sebelumnya,” sebut Bambang. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.