Dark/Light Mode

Pertamina Serahkan 305 Ventilator Untuk RS BUMN Di Indonesia

Kamis, 25 Juni 2020 20:19 WIB
Pertamina Serahkan 305 Ventilator Untuk RS BUMN Di Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina memberikan sumbangan 305 ventilator kepada Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri, untuk didistribusikan kepada RS BUMN. Pemberian bantuan tersebut dilakukan di Gudang BGR, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (23/6).

Dalam kesempatan itu,  turut hadir Vice President CSR & SMEPP Pertamina, Arya Dwi Paramita, Ketua Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri Harjawan Balaningrat, dan Direktur Operasional Medis Pertamedika, IHC Abdul Harris.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina terus berupaya dan berkomitmen mendukung perjuangan tenaga medis, yang sedang merawat pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit rujukan.

Baca juga : Hari Krida Pertanian, Mentan Ajak Jaga Optimisme Pertanian Indonesia

“Sebagai BUMN, Pertamina akan terus memberikan dukungan berbagai peralatan medis yang dibutuhkan rumah sakit. Terutama, ventilator dan juga APD serta kebutuhan lainnya. Peralatan yang memadai, diharapkan bisa lebih banyak membantu kesembuhan pasien Covid-19,” ujar Fajriyah.

Ventilator merupakan salah satu alat penting yang dibutuhkan tenaga medis. Terutama, dalam merawat pasien dengan kategori berat.

Alat ini diserahkan kepada Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri, agar bisa tersebar ke berbagai RS BUMN yang membutuhkan. Ketua Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri, Harjawan Balaningrat menegaskan, ventilator tersebut akan didistribusikan ke kota-kota yang memiliki tingkat penyebarannya tinggi.

Baca juga : Berdasarkan GHI, Ketahanan Pangan Indonesia Terus Menguat

“Tahap awal, kami kirim ke daerah Jawa Timur. Ke Kota Surabaya, Jember, Malang. Semoga bantuan ini dapat membantu memberikan kesembuhan kepada pasien Covid-19,“ ujarnya.

Sejak Covid-19 merebak, Pertamina telah memberikan berbagai bantuan ke RS, Puskesmas, Posyandu serta masyarakat umum.

Hingga pertengahan Juni 2020, total nilai bantuan yang disalurkan berjumlah Rp 220,6 miliar. Bantuan yang diberikan Pertamina meliputi 614.668 pieces masker, 7.314 liter hand sanitizer, 215.809 Alat Pelindung Diri (APD), 127.814 paket sembako dan makanan, 1.800 unit wastafel, 90.594 pieces sarung tangan, serta 305 unit ventilator.

Baca juga : Kemenag Keluarkan Protokol Kesehatan Untuk Pesantren

Selain itu, Pertamina juga telah membantu beberapa RS rujukan Covid-19 dengan total bantuan mencapai Rp 130 miliar.

Pertamina juga telah membangun RS modular dengan membangun Lapangan Bola Simprug menjadi RS Darurat Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.