Dark/Light Mode

Pagi Ini Rupiah Menguat Tipis, Mudah-mudahan Kuat Seharian

Selasa, 30 Juni 2020 09:52 WIB
Pagi Ini Rupiah Menguat Tipis, Mudah-mudahan Kuat Seharian

RM.id  Rakyat Merdeka - Rupiah yang kemarin melemah, pagi ini menguat tipis 24 poin atau 0,17 persen menjadi Rp 14.220 per dolar AS, dari sebelumnya Rp 14.244 per dolar AS.

Dalam sesi penutupan Senin (29/6), rupiah ditutup melemah 0,18 persen ke Rp 14.245 per dolar AS. Dari kurs tengah Bank Indonesia (BI) Jisdor kemarin, nilai tukar rupiah terkoreksi 0,91 persen ke level Rp 14.369 per dolar AS pada Senin (29/6).

Baca juga : Pagi Ini, Rupiah Terkuat di Antara Mata Uang Asia, Tapi Kudu Hati-hati...

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi, pergerakan nilai tukar rupiah pada hari ini masih dipengaruhi kekhawatiran atas pandemi Covid yang tak kunjung reda.

Meski begitu, Ariston menilai, sebagian aset berisiko terlihat positif karena adanya pernyataan Gubernur The Fed yang akan mempertahankan suku bunga sangat rendah dalam jangka waktu yang lama, untuk membantu memulihkan ekonomi.

Baca juga : Sering Blusukan, Ini Rahasia Menteri Teten Tetap Sehat

Selain itu, data indeks aktivitas manufaktur dan non-manufaktur China yang meningkat, juga diyakini turut memberikan sentimen positif.

"Tarik-menarik sentimen positif dan negatif ini bisa membuat rupiah bergerak mengalami pelemahan atau penguatan yang tipis pada hari ini, dengan potensi Rp 14.150-14.300," jelas Ariston. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.