Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Sering Blusukan, Ini Rahasia Menteri Teten Tetap Sehat

Selasa, 23 Juni 2020 22:46 WIB
Menkop UKM Teten Masduki. (Foro: ist)
Menkop UKM Teten Masduki. (Foro: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Demi totalitas mengetahui kondisi UMKM di lapangan, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengaku rajin melakukan blusukan alias terjun langsung ke lapangan. Tak jarang, setiap hari ada saja kegiatannya di luar kantor.

Sejak pandemi Covid-19 menyerang, dia makin rajin blusukan untuk mengetahui secara real kondisi UMKM di lapangan. Menurut Teten, meski UMKM mendapat imbas cukup besar akibat Covid-19, tak sedikit pula yang masih bertahan.

Baca juga : Menteri BUMN Pengen PT Garam Go International

“Kemarin saya baru dari Ciwidey, ada koperasi pangan yang memang sudah sukses menyediakan kebutuhan pangan. Mereka bahkan tersambung ke digital. Market dan pemasarannya mereka optimalkan kesana, ini mampu membuat mereka bertahan,” ucapnya dalam dalam program diskusi RMInsight Rakyat Merdeka bertajuk Strategi Dorong UKM Berjaya di Era Corona, Selasa (23/6).

Saat pandemi begini, kata Teten, ia harus tetap rajin melihat kondisi UMKM. Saat ditanya bagaimana mensiasati agar tetap sehat dikala harus rajin blusukan, Teten bilang kuncinya adalah ikhlas.

Baca juga : Sinergikan BUMN Pangan, Menteri Erick Targetkan Swasembada Gula

“Harus sehat, tak hanya pemerintah kita semua harus sehat. Kuncinya ini ajalah ikhlas aja, makan, tidur juga nggak mungkin bisa teratrur, ikhlas sajalah. Mau apalagi,” cetusnya.

Yang terpenting, lanjut Teten, dalam mendorong UMKM dan koperasi untuk tetap bertumbuh dan optimistis bangkit adalah adanya kepedulian dari semua pihak, tak hanya pemerintah, akademisi, swasta, juga media.

Baca juga : Prabowo dan Menhan Malaysia Mantapkan Komitmen Kerja Sama

Sementara diakuinya, sinergi dengan pemerintah daerah dan Kementerian/Lembaga lain juga tak mudah. “Makanya saya minta ada one gate policy, kalau semua Kemenkop, kami tak sanggup, tapi harus ada guidance untuk koordinasi dengan pemda maupun dinas dan gubernur,” tuntasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.