Dark/Light Mode

Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman

Senin, 13 Juli 2020 22:09 WIB
Dari kiri, Direktur Human Capital Management R Muharam Perbawamukti, Direktur Utama Setyanto Hantoro dan VP Corporate Communications Denny Abidin saat memaparkan perlindungan dan keamanan data pelanggan Telkomsel dalam acara presscon Telkomsel pastikan data pelanggan tetap aman di Jakarta, Senin (13/7). (Foto: ist)
Dari kiri, Direktur Human Capital Management R Muharam Perbawamukti, Direktur Utama Setyanto Hantoro dan VP Corporate Communications Denny Abidin saat memaparkan perlindungan dan keamanan data pelanggan Telkomsel dalam acara presscon Telkomsel pastikan data pelanggan tetap aman di Jakarta, Senin (13/7). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkomsel angkat bicara mengenai bocornya data pegiat medsos Denny Siregar. Anak usaha Telkom ini memastikan telah melakukan evaluasi, memberikan sanksi, dan menyerahkan kasus ini ke proses hukum.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, Telkomsel komitmen memberikan rasa aman bagi pelanggan untuk menggunakan seluruh produk dan layanan dari Telkomsel. Salah satunya adalah dengan memberikan jaminan perlindungan dan keamanan data pelanggan. 

Terkait dengan kebocoran data nasabah, Telkomsel menyikapi dengan serius dengan memastikan telah mengambil tindakan tegas untuk menindaklanjutinya secara terbuka, menyeluruh dan tuntas.

Baca juga : Bamsoet Serahkan Bantuan ke Petani dan Peternak Milenial

“Mengetahui adanya keresahan yang sedang berkembang, kami langsung mengambil sikap dan tindakan tegas dengan melakukan proses investigasi secara internal dan menindaklanjuti temuan yang ada dengan proses hukum,” ujarnya saat jumpa pers soal keamanan data Telkomsel, di Jakarta, Senin (13/7).

Telkomsel akan terus melakukan penyempurnaan dan perbaikan serta pengembangan sistem operasional kerja secara menyeluruh. Mulai dari sistem perlindungan dan keamanan data pelanggan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada, hingga pengetatan prosedur kewenangan akses ke seluruh sistem operasional dan pemilihan petugas layanan yang lebih berkualitas. 

“Baik secara kompetensi maupun perilaku dan integritas sumber daya manusianya,” ujarnya.

Baca juga : BRI Pastikan Layanan Kanwil BRI Malang Berjalan Normal

Telkomsel mengapresiasi respon dan tindak cepat dari aparat penegak hukum, khususnya oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri atas laporan yang telah diajukan pihaknya. Telkomsel siap untuk terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum guna kelancaran penyidikan dan penuntasan kasus secara terbuka, menyeluruh dan tuntas.

Namun, Setyanto menegaskan, hingga saat ini data pelanggan yang tersimpan dalam sistem Telkomsel tetap aman dan terjaga kerahasiaannya dengan prosedur standar operasional tersertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di industri telekomunikasi di Indonesia. Sebagai badan usaha, Telkomsel selalu patuh terhadap peraturan perundangan dan etika bisnis, yang mengacu pada standar teknis dan keamanan yang telah ditentukan bagi kepentingan penyelenggaraan jasa telekomunikasi komersial yang ditetapkan oleh lembaga standarisasi internasional (ITU, GSMA) maupun regulasi yang berlaku. 

Mengenai keamanan informasi, Telkomsel juga memastikan operasional perusahaan telah berjalan sesuai dengn standar sertifikasi ISO 27001, di mana proses sertifikasi secara berkala ini dilakukan oleh lembaga internasional yang independen dan profesional. [DIT]

Baca juga : Kemenkop: Koperasi Harus Inovatif Buka Peluang Baru di Tengah Pandemi

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.