Dark/Light Mode

Digelar 24 Hingga 26 Juli

Wirakarya Gelar Konferensi Dan Pameran UMKM Virtual Wirakarya 2020

Rabu, 22 Juli 2020 21:57 WIB
Wirakarya 2020, pameran UMKM virtual pertama di Indonesia, bisa dipantau di www.wirakarya.sme.id
Wirakarya 2020, pameran UMKM virtual pertama di Indonesia, bisa dipantau di www.wirakarya.sme.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Guna membangkitkan kembali industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Wirakarya akan menggelar konferensi dan pameran UMKM virtual, meski kini sedang terdampak pandemi virus corona baru atau COVID-19.

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga semangat berwirausaha. Di saat yang sama, juga tetap mematuhi pembatasan sosial pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kegiatan ini dilakukan masih dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Koperasi, 12 Juli lalu. Konferensi dan pameran virtual UMKM yang diselenggarakan Wirakarya ini menjadi bentuk pameran UMKM virtual pertama di Indonesia, yang mengusung konsep digital. Tujuannya, merangkul pelaku UMKM, agar mulai bertransformasi ke arah digitalisasi.

Baca juga : Mandiri Utama Finance Online, Gelar Pameran Digital Otomotif 2020

Perubahan global secara signifikan dipengaruhi oleh pandemi Covid-19, berdampak pada melumpuhnya sektor ekonomi. Kondisi ini menuntun pelaku usaha terus berpikir dan berinovasi, agar tetap produktif di masa sulit seperti sekarang. UMKM sebagai pondasi ekonomi kerakyatan sangat butuh dukungan semua pihak, agar dapat memberikan kontribusi ekonomi bagi negara.

Acara yang diprakarsai Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), perkumpulan Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) atau disingkat BPP AKU dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) ini, dapat diakses melalui portal website di www.wirakarya.sme.id. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 24 – 26 Juli 2020.

Hal menarik dari even virtual Wirakarya ini, pengunjung tetap merasakan sensasi kegiatan pameran offline seperti biasanya. Karena juga tersedia panggung utama, stan pameran dan kelas workshop bagi mereka yang ingin mengikuti sesi seminar yang diselenggarakan. Namun semuanya dilakukan secara virtual/online.

Baca juga : Di Depan 36 Juta Warganya, Presiden Prancis Minta Maaf Gagal Tangkal Corona

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, selaku Ketua BPP AKU yang memprakarsai kegiatan ini menyampaikan, ada sejumlah perbedaan, antara even pameran virtual ini dengan platform market place yang ada saat ini. Pertama, pengunjung tidak perlu melakukan download aplikasi untuk dapat menikmati acara. Tujuannya, mengajak para pelaku UMKM dan masyarakat umum beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Kedua, pameran virtual Wirakarya 2020 menyajikan konsep promosi pemasaran produk-produk UMKM dengan cara interaktif. Sehingga pengunjung tidak hanya dapat melihat display produk-produk yang dijual. Melainkan juga dapat melihat langsung proses produksi, cara pemakaian produk, hingga bentuk atau konsep kerjasama yang ditawarkan.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati rangkaian kegiatan yang menambah pengetahuan melalui acara talkshow, eksklusif workshop dan sharing workshop. Yang menampilkan topik-topik mengenai mikro usaha UMKM di era digitalisasi.

Baca juga : Jelang Liga 1 2020, LIB Gelar Workshop dengan Perangkat Pertandingan

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan motivasi bagi pelaku UMKM. Agar terus berkarya dalam tantangan pandemi dan era digital. Sehingga mampu menguatkan sektor ekonomi bangsa Indonesia”, tambah GKR Mangkubumi. (RUS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.