Dark/Light Mode

Dihadang Pandemi, Elnusa Optimis Kinerja Tetap Positif

Rabu, 22 Juli 2020 20:19 WIB
Dihadang Pandemi, Elnusa Optimis Kinerja Tetap Positif

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan jasa energi nasional memastikan kinerjanya tetap baik. Meski tengah menghadapi triple shock.

Penurunan harga minyak dunia yang berimbas pada penurunan aktivitas migas KKKS, penurunan konsumsi BBM nasional akibat pandemi covid-19, serta pelemahan kurs Rupiah merupakan triple shock yang dihadapi Elnusa saat ini.

Baca juga : Dari New York, Tsamara Pelototin Kinerja Menteri

Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir mengatakan, triple shock yang ada tengah menekan kinerja banyak perusahaan jasa migas. Baik level nasional maupun global. Terutama, karena penurunan harga minyak dan pandemi Covid-19, perusahaan jasa migas global telah merevisi target kinerjanya.

"Oleh karenanya, wajar bila kami juga melakukan penyesuaian target kinerja, atau turun sebesar 25 persen dari target awal tahun," ujar Ali.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, BTN Terus Genjot Bisnis KPR

Secara global, mayoritas perusahaan yang hanya mengandalkan jasa hulu migas, mengalami dampak penurunan yang sangat signifikan. Bahkan, beberapa di antaranya terpaksa mengurangi jumlah karyawan untuk tetap dapat bertahan.

"Kendati demikian, Elnusa yang memiliki pondasi kuat struktur bisnis dan dengan portofolio yang lengkap, dari jasa hulu migas hingga jasa hilir migas, sangat optimis akan menunjukkan kinerja yang positif. Bila ada tekanan pada satu segmen, segmen lainnya akan menopang kinerja konsolidasi Elnusa", imbuh Ali.

Baca juga : Indofarma Sediakan Layanan Tes RT PCR Covid-19

Secara konsolidasi, Elnusa ditopang oleh tiga segmen yaitu jasa hulu migas, jasa distribusi & logistik energi, serta jasa penunjang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.