Dark/Light Mode

Angkasa Pura I Berusaha Konsisten Jaga Pelayanan Berstandar Internasional

Minggu, 16 Agustus 2020 21:35 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. (Dok. Angkasa Pura I)
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) mengikutsertakan seluruh bandaranya pada program sertifikasi di bidang pelayanan bandara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menjelaskan, alasan perusahaan ikut serta untuk terus mewujudkan layanan berstandar internasional kepada seluruh pengguna jasa bandara.

"Salah satunya yaitu sertifikasi internasional Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 untuk ruang lingkup layanan jasa kebandarudaraan," jelas Faik dalam keterangan persnya, Minggu (16/8).

Pada Desember 2018, seluruh bandara Angkasa Pura I berhasil meraih sertifikasi tersebut. Sertifikasi yang didapat untuk ruang lingkup Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) maupun Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U).

Angkasa Pura I telah mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 sejak tahun 2013. ISO 9001 merupakan salah satu sistem manajemen yang berfokus kepada kepuasan pelanggan, di mana pemantauan dan pengukuran kinerja yang dilakukan secara terus-menerus merupakan persyaratan yang harus dipenuhi.

Selain sertifikasi sistem manajamen mutu, pada Agustus 2019, 10 bandara Angkasa Pura I juga berhasil memperoleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari Airports Council International (ACI).

Ini menjadikan Angkasa Pura I sebagai operator bandara pertama di Asia-Pasifik yang mayoritas bandaranya mendapatkan pengakuan atas komitmen peningkatan pengalaman pelanggan dari lembaga kebandarudaraan prestisius dunia yang berbasis di Montreal, Kanada ini.

Baca juga : Angkasa Pura I Instruksikan Petugas Bandara Layani Pelanggan Sepenuh Hati

Adapun kesepuluh bandara Angkasa Pura I yang berhasil memperoleh akreditasi yaitu:

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali

2. Bandara Juanda - Surabaya

3. Bandara Sultan Hasanuddin - Makassar

4. Bandara SAMS Sepinggan - Balikpapan

5. Bandara Jenderal Ahmad Yani - Semarang

6. Bandara Sam Ratulangi - Manado

Baca juga : Dukung UMKM, Angkasa Pura II Beri Diskon 50 Persen Sewa Kios di Bandara

7. Bandara El Tari - Kupang

8. Bandara Pattimura - Ambon

9. Bandara Adi Soemarmo - Solo

10. Bandara Internasional Lombok - Praya.

"Kami bangga bahwa komitmen kami dalam meningkatkan level of service serta customer experience di bandara-bandara yang kami kelola berhasil mendapat akreditasi internasional melalui Airport Customer Experience Accreditation Program yang dilakukan oleh ACI," ujar Faik Fahmi saat menerima akreditasi ini pada Agustus tahun lalu.

Dia bilang akreditasi ini semakin mengukuhkan kinerja pelayanan seluruh bandara Angkasa Pura I setara dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya.

Faik menegaskan perusahaan berhasil memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa telah berhasil mendapatkan pengakuan tingkat dunia.

Baca juga : Mantap, Angkasa Pura I Dipercaya Kelola Bandara Asing

Hal ini dibuktikan dengan raihan penghargaan yang diperoleh di level internasional terkait customer experience. Pencapaian itu antara lain berupa penghargaan dari Airports Council International (ACI) dalam ajang “Airport Service Quality (ASQ) Awards yang selalu diraih bandara Angkasa Pura I sejak 2015.

ASQ Awards sendiri merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang pesawat di bandara yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI).

ACI sendiri merupakan organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia dari Kanada. Pada ASQ Awards 2018, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan meraih penghargaan pada empat kategori.

Empat kategori itu adalah Best Airport by Size and Region (5-15 million passengers per year in Asia-Pacific), Best Environment and Ambience by Size (5-15 million passengers per year), Best Customer Service by Size (5-15 million passenger per year), Best Infrastructure and and Facilitation by Size (5-15 million passenger per year).

Selain Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali langganan dianugerahi penghargaan sejak 2015 pada ajang yang sama. Pada ASQ Awards 2017 yang diumumkan Maret 2018 lalu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meraih penghargaan pada 3 kategori yaitu The Best Airport by Size and Region: Asia Pacific, 15-25 million passenger per year, 1st place Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year, dan 2nd place Best Airport in Asia-Pacific (over 2 million passengers per year).

Begitu Bandara Juanda Surabaya yang meraih penghargaan The 3rd place Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year pada ajang yang sama tahun 2017.

"Komitmen kami adalah terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara, mitra usaha, mitra bisnis, dan seluruh stakeholder. Walau berada dalam masa pandemi komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik yang berlandaskan aspek keselamatan, keamanan, maupun kenyaman tetap diwujudkan,” tegas Faik. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.