Dark/Light Mode

Angkasa Pura I Instruksikan Petugas Bandara Layani Pelanggan Sepenuh Hati

Minggu, 16 Agustus 2020 21:26 WIB
Petugas bandara berkomitmen melayani pengguna jasa bandara dengan hati (Dok. Angkasa Pura I)
Petugas bandara berkomitmen melayani pengguna jasa bandara dengan hati (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan pelayanan merupakan hal penting yang harus dijaga. Pelayanan kepada pelanggan yang dilakukan dari hati, diyakini bakal berdampak positif bagi pelanggan dan perseroan.

"Berbagai upaya dilakukan agar petugas bandara dapat melayani pengguna jasa bandara dan para pemangku kepentingan bandara dari hati," papar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangan persnya, Minggu (16/8).

Menurut dia, pelayanan menjadi kunci utama pada bisnis sebuah perusahaan yang berhadapan langsung dengan pengguna.

Apalagi Angkasa Pura I merupakan operator bandara, yang telah bertransformasi dari perusahaan yang sekedar penyedia infrastruktur bandara menjadi perusahaan penyedia jasa kebandarudaraan.

Baca juga : Traffic Pesawat dan Penumpang Bandara Soetta Mulai Bergairah

"Ini dipertegas melalui ditambahkannya kata pelayanan pada Direktorat Pemasaran perusahaan menjadi Direktorat Pemasaran dan Pelayanan yang dipimpin oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan pada Desember 2017," tuturnya.

Dia bilang pelayanan merupakan hal inti pada perusahaan jasa, termasuk jasa kebandarudaraan. Oleh karena itu, seluruh kegiatan operasional di bandara dilakukan menggunakan pendekatan yang mengedepankan pelayanan.

"Berbagai upaya dilakukan agar pendekatan pelayanan dapat diimplementasikan pada setiap touch point dengan pelanggan. Termasuk salah satunya perubahan desain seragam petugas Aviation Security pada Februari 2018 yang sebelumnya identik dengan seragam petugas keamanan menjadi seragam," papar Faik.

"Seragam itu identik dengan petugas hospitality namun tidak mengurangi fungsi keamanannya," imbuhnya.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas Kader, Airlangga Dirikan Golkar Institut

Upaya lainnya di bidang pelayanan, lanjut Faik Fahmi, yaitu melakukan survei kepuasan pelanggan di seluruh bandara yang dikelolanya.

Ini sebagai upaya berkelanjutan untuk melakukan perbaikan layanan dengan mendengar suara pengguna jasa bandara. Survei dilakukan secara berkala melalui kerja sama dengan The Indonesian National Air Carriers Association (INACA).

Bersamaan dengan survei kepuasan pelanggan tersebut, Angkasa Pura I juga melaksanakan program apresiasi pelanggan melalui berbagai kegiatan seperti penyelenggaraan thematic event pada hari-hari besar dan libur nasional dengan pemberian suvenir pada pengguna jasa bandara.

Selain itu, untuk mengapreasiasi pelanggan, Angkasa Pura I juga menyelenggarakan Program “Eat, Shop, Fly” yang merupakan program apresiasi pengguna jasa bandara Angkasa Pura I (loyalty program) yang berbelanja di berbagai tenant yang ada di 14 bandara Angkasa Pura I.

Baca juga : Mantap, Angkasa Pura I Dipercaya Kelola Bandara Asing

Program itu dimulai sejak Juli 2019. "Program ini merupakan program apresiasi pelanggan berbasis digital pertama di industri kebandarudaraan Indonesia," tukasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.