Dark/Light Mode

KAI Peringati HUT ke-75 RI Bersama Penumpang

Senin, 17 Agustus 2020 14:12 WIB
Peringatan HUT ke-75 RI dalam gerbong kereta. (Foto: Dok. KAI)
Peringatan HUT ke-75 RI dalam gerbong kereta. (Foto: Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak melewatkan momen peringatan HUT ke-75 RI, Senin (17/8). KAI mengajak penumpang memperingati HUT RI itu di dalam kereta api dan di stasiun. 

“Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi KAI dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia bersama-sama dengan masyarakat,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan yang diterima RMco.id, Senin (17/8).

Berita Terkait : Jokowi Pakai Baju Khas Timor Tengah Selatan, NTT, Kiai Maruf Pakai Baju Adat Melayu

Seluruh penumpang kereta api yang melakukan perjalanan pada 17 Agustus 2020 pada pukul 09.45 sampai dengan 10.30 diinstruksikan oleh kondektur melalui pengeras suara untuk berdiri dan bersiap melakukan upacara secara sederhana namun tetap khidmat di dalam kereta. Mula-mula, penumpang melakukan hening cipta diiringi dengan lagu karangan T Prawit. Pada saat memasuki detik-detik Proklamasi, penumpang kemudian mendengarkan pemutaran rekaman pembacaan Teks Proklamasi dan lagu Indonesia Raya. 

Pelaksanaan peringatan HUT RI tidak hanya dilakukan di dalam kereta api, namun juga di stasiun-stasiun kereta api. Penumpang yang berada di dalam kereta maupun di stasiun tetap diminta untuk menggunakan masker. Hal ini ditujukan agar protokol kesehatan tetap terpenuhi. 

Berita Terkait : Pakistan Bangga, 500-an Tentaranya Ikut Gugur Pertahankan Kemerdekaan Indonesia

Joni mengatakan, kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan di dalam kereta sudah dilaksanakan KAI sejak tahun lalu. Respons masyarakat pun sangat antusias dan bangga ketika mengikuti peringatan HUT RI di dalam kereta. “Meski di tahun ini, penumpang tidak ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya, namun pelaksanaannya tetap hikmat dan tidak mengurangi kemeriahan HUT RI,” kata Joni.

Untuk lebih menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI, KAI memasang bendera Merah Putih pada ratusan lokomotif dan kereta yang berjalan di Jawa dan Sumatera. Pemasangan bendera ini dimulai pada 1 sampai 31 Agustus 2020.

Berita Terkait : Meriahkan HUT ke-75 RI, Pelanggan Cukup Bayar Tiket s.d 75 Persen Saja

Joni menyebut, pemasangan bendera pada lokomotif dan kereta menunjukkan bahwa kereta api menjadi penghubung keberagaman dan transpotasi penting untuk bangsa dari masa ke masa. Kereta api tidak terpisahkan dari  sejarah kemerdekaan Indonesia, hingga kini menjadi tulang punggung angkutan massal yang juga berimbas pada kemajuan perekonomian bangsa. 

Joni berharap, dengan dilangsungkannya peringatan HUT RI di dalam kereta dan di stasiun, serta pemasangan bendera pada lokomotif dan kereta dapat menumbuhkan nasionalisme kepada masyarakat khususnya penumpang KAI. “Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan wujud semangat nasionalisme BUMN dalam memajukan Indonesia sesuai dengan tema besar HUT ke-75 RI yaitu Indonesia Maju,” tutup Joni. [USU]