Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KAI Libatkan UMKM dalam Penanganan Covid-19

Jumat, 26 Juni 2020 18:48 WIB
Manager Keuangan KAI Daop 2 Bandung Erwin (kiri) mewakili KAI menerima penghargaan ICSB Awards dari VP Industry Head Markplus Dimas Soerojo pada November 2019. (Foto: Dok. KAI)
Manager Keuangan KAI Daop 2 Bandung Erwin (kiri) mewakili KAI menerima penghargaan ICSB Awards dari VP Industry Head Markplus Dimas Soerojo pada November 2019. (Foto: Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melibatkan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) mitra binaan dalam penanganan Covid-19.

Pada Mei lalu, KAI memesan masker dan baju APD cover all dari mitra binaan di sektor tekstil yang berasal dari Bandung dan Yogyakarta. “Pemberdayaan UMKM ini sebagai wujud komitmen kami untuk meningkatkan kemampuan UMKM agar menjadi tangguh dan mandiri,” ujar VP Corporate Social Responsibility KAI Agus Supriyono.

Sebagai BUMN, KAI juga bertugas untuk ikut mengembangkan usaha masyarakat melalui program mitra binaan yang dimiliki KAI.

Agus menjelaskan, masker dan APD cover all tersebut selanjutnya diserahkan ke Pemkot Bandung dan Anggota Komisi VI DPR RI untuk didistribusikan kepada masyarakat dan sejumlah rumah sakit yang membutuhkan.

Selain pesanan KAI, produksi masker dan APD UMKM ini juga dipesan oleh instansi pemerintah dan rumah sakit. Bahkan produksinya kini semakin inovatif dengan memberikan ornamen batik pada APD.

Baca juga : PLN Gembleng UMKM Supaya Tetap Eksis Di Tengah Pandemi Covid-19

 

Produk masker yang diproduksi UMKM Mitra Binaan KAI di Bandung. (Foto: Dok. KAI)

“Melalui berbagai pesanan dan inovasi tersebut, diharapkan dapat terus memutar roda perekonomian UMKM di tengah pandemi,” ujar Agus.

Di sektor makanan, seluruh mitra binaan KAI didorong untuk menjual secara online hasil produksinya, termasuk UMKM di sektor petani sayur wilayah Bandung dan Sukabumi. Hal tersebut dikarenakan adanya pembatasan yang sempat diterapkan di berbagai wilayah, sehingga mitra binaan harus menyesuaikan pola pemasarannya.

Hingga Juni 2020, KAI memiliki 2.414 UMKM mitra binaan yang tersebar di seluruh wilayah kerja KAI. UMKM tersebut meliputi tujuh sektor, yaitu sektor Industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan jasa.

“Pada 2019, KAI telah menyalurkan Rp 8,7 miliar untuk program kemitraan yang diberikan kepada mitra binaan kami. Pada 2020, kami memprogramkan dana mitra binaan yang tersalurkan adalah sebanyak Rp 9,4 miliar atau naik 8%,” ujar Agus.

Baca juga : Kisah Pelaku UMKM Sarim Dan Astin Yang Bangkit Dibantu PLUT

Selain memberikan pembiayaan modal usaha, KAI juga melakukan pembinaan dan pelatihan oleh pakar di bidang masing-masing. Pelatihan tersebut meliputi proses produksi, pengemasan produk, pemasaran, dan sebagainya.

“Di samping itu, KAI rutin mendorong promosi mitra binaan agar semakin dikenal oleh masyarakat melalui sosial media seperti youtube, Instagram, facebook, kegiatan bazar dan pameran baik di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Agus.

 

VP CSR KAI Agus Supriyono (kanan) bersama Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi (kedua kiri), dan mitra binaan KAI (kiri) saat pameran di Korea Selatan pada 2019. (Foto: Dok. KAI)

Pada HUT KAI tahun 2019, KAI memfasilitasi 67 mitra binaan dengan menggelar pameran UMKM di 14 stasiun di Jawa dan Sumatera selama satu bulan penuh secara cuma-cuma.

Tak hanya di dalam negeri, KAI pun memfasilitasi UMKM yang kinerjanya bagus untuk mengikuti pameran di luar negeri seperti di Malaysia pada 2018 dan di Korea Selatan pada 2019.

Baca juga : Merek Livehaf Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

Atas usahanya mengelola UMKM, KAI selama empat tahun berturut-turut, mulai 2016 hingga 2019, mendapatkan penghargaan ICSB Awards kategori Business Practicioner dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.

“Harapan kami, ke depan UMKM yang KAI bina semakin bertambah baik kualitas maupun kuantitasnya sehingga semakin banyak UMKM yang berhasil naik kelas,” pungkas Agus. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.