Dark/Light Mode

Wujudkan Semangat Nasionalisme, Pertamina Nyumbang Rp 839 M Untuk Tangani Covid

Senin, 17 Agustus 2020 16:50 WIB
Wujudkan Semangat Nasionalisme, Pertamina Nyumbang Rp 839 M Untuk Tangani Covid

 Sebelumnya 
Fajriyah menambahkan, Pertamina Group juga memberikan bantuan Rp 130 miliar untuk renovasi fasilitas dan alat kesehatan RS Rujukan Covid-19 dan bantuan perlengkapan operasional.

Termasuk, pengadaan 315 unit ventilator serta 142.908 Paket makanan siap santap/sembako bagi petugas medis, jurnalis, pekerja sektor informal, dan kaum marginal.

Baca juga : Tunjukkan Semangat Lawan Corona, Golkar DKI Gelar Lomba Foto-Video

Kontribusi Pertamina untuk bangsa juga di wujudkan dalam bentuk Pembangunan RS Pertamina Pusat (RSPP) Extension Covid-19 di Simprug dengan biaya pembangunan Rp 186 miliar dan pembelian alat kesehatan senilai Rp 146 miliar. Rumah sakit tersebut dilengkapi 30 ranjang ruang ICU, 20 ranjang UGD, dan 240 – 250 ranjang non ICU.

RSPP Extention Covid-19 di Simprug diawaki 282 dokter, 660 perawat, dan 321 tenaga support.

Baca juga : Berdayakan Panti Sosial, Pertamina Rogoh Kocek Lebih Dari Rp 849 Juta Untuk Bantuan Usaha

Begitu pula dengan pembangunan Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) yang disulap sebagai RS Covid-19 dengan 90 ranjang RS Modular yang dilengkapi CCTV intertif 2 arah di tiap kamar.

Sebanyak 52 kamar Hotel Patrajasa dijadikan tempat istirahat tenaga medis, pembangunan laboratorium tes Covid yang dilengkapi dengan mesin cobas, mesin magnapure & lightcyler yang mampu mendeteksi sampel secara cepat dan akurat. Kapasitas hariannya bisa mencapai 1.400 sampel.

Baca juga : Penumpang KRL Diimbau Hati-hati Penularan Covid-19

“Semua kamar memiliki negative pressure, exhaust fan dengan filter hepa dan filter bibo khusus untuk virus, 120 ventilator dan peralatan media lainnya, serta 2 robot media (Amy dan Temi) yang dimanfaatkan untuk melayani para pasien untuk mengurangi interaksi langsung tenaga medis dengan pasien,” pungkas Fajriyah. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.