Dark/Light Mode

Komitmen Pada Lingkungan

Pertamina Lanjutkan Program Konservasi Penyu di Pesisir Pantai Selatan Cilacap

Senin, 14 September 2020 19:18 WIB
Komitmen Pada Lingkungan Pertamina Lanjutkan Program Konservasi Penyu di Pesisir Pantai Selatan Cilacap

 Sebelumnya 
Jenis penyu yang saat ini masih terus dilakukan upaya konservasi adalah spesies Penyu Lekang (Lepidochelys Olivaceae).

Ini merupakan tahun kedua, di mana tahun lalu Pertamina telah melepasliarkan puluhan tukik.

Pada hari ini, Senin (14/9) Pertamina Bersama Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja melepasliarkan sekitar 100 tukik untuk kembali ke habitatnya.

Baca juga : Menteri Basuki Genjot Program Pengelolaan Air Dan Pertanian

“Penyu merupakan spesies satwa yang dilindungi. Melalui program CSR Pertamina konservasi penyu ini, kami terus berkomitmen untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di wilayah-wilayah operasi kami," kata Anna Yudhiastuti, Unit Manager Pertamina MOR IV Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Anna menambahkan, dalam konservasi penyu di Pantai Sodong ini, Pertamina bukan hanya memberikan bantuan fisik. Lebih dari itu, Pertamina dan Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap ingin pula membangun kesadaran warga dalam menjaga ekosistem dan habitat Penyu Lekang ini.

Sejak April hingga Agustus 2020, Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap Bersama Pertamina berhasil menetaskan 133 tukik, untuk kemudian dilepasliarkan ketika berumur dua minggu. Butuh waktu sekitar 45 hari untuk dapat menetas, sejak telur ditemukan.

Baca juga : Dukung Kesehatan Lingkungan, Pertamina Hadirkan Promo Pertalite di Tangsel

 “Bersama Pertamina, kami terus mencoba untuk mengembangkan konsep konservasi, demi meningkatkan populasi tukik yang dapat ditetaskan. Kami dan Pertamina terus mengedukasi warga dan nelayan, untuk bersama menyelamatkan telur penyu yang ditemukan. Semakin hari, perkembangan kesadaran masyarakat semakin baik” terang Jumawan selaku Ketua Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap.

Ke depan, Pertamina bersama Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap akan terus mengembangkan infrastruktur konservasi. Di antaranya, membangun fasilitas penetasan telur penyu di pesisir selatan Cilacap.

Selain infrastruktur, hal yang akan dikembangkan kemudian adalah konsep Eduwisata di area konservasi, untuk meningkatkan kesadaran terkait pelestarian Penyu. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.