Dark/Light Mode

Tampung 5 Ribu Ton Barang, Pelni Resmikan Gudang Logistik

Rabu, 30 September 2020 20:47 WIB
Ilustrasi kapal milik PT Pelni. (Foto: Pelni)
Ilustrasi kapal milik PT Pelni. (Foto: Pelni)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni meresmikan gudang logistik seluas 240 meter persegi di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Gudang keempat yang dimiliki PT Pelita Indonesia Djaya (PIDC), anak usaha PT Pelni ini akan menambah daya tampung kebutuhan logistik kapal Pelni yang saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang dan 46 kapal perintis.

Baca juga : Menhub Janji Perbaiki Sektor Logistik

Kepala Kesekretariatan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, gudang tersebut akan dipergunakan untuk melakukan penyimpanan barang-barang kebutuhan logistik pada seluruh kapal yang dioperasikan Pelni.

Ia mengatakan gudang ini akan dikhususkan sebagai lokasi penyimpanan barang-barang basah maupun kering yang akan disuplai menuju kapal. "Tidak menutup kemungkinan PIDC akan membuka peluang kerja sama dengan perusahaan pelayaran atau logistik lainnya untuk dapat menggunakan fasilitas penyimpanan seperti ini ke depannya," katanya di Jakarta, Rabu (30/9).

Baca juga : Tak Ada Ampun, Tempat Usaha Langgar Protokol Kesehatan Langsung Disegel

Menurut Yahya gudang Cakung PIDC tersebut memiliki kapasitas penyimpanan setara 5.000 ton barang kering dan 40 meter persegi penyimpanan barang basah. "Gudang Cakung PIDC ini memanfaatkan teknologi barcoding untuk mencatat arus keluar masuk barang untuk mempermudah pemantauan dan mencatat inventaris barang semakin akurat dan real time," ujarnya.

Sebelum Gudang Cakung, PIDC telah memiliki gudang lain yang berada di dua lokasi, yakni Surabaya dan Makassar. Gudang Cakung PIDC ini diperuntukkan sebagai lokasi penyimpanan bahan makanan berupa suplement food, air minum dalam kemasan, beras, cold storage, dan 168 jenis bahan makanan lainnya.

Baca juga : Penyebaran Corona Rentan Makin Tinggi

Selain PT PIDC, Pelni memiliki PT SBN sebagai anak usaha yang menunjang bisnis pelayaran dan logistik. PT SBN menjalankan bisnis freight forwarding dan bongkar muat yang melayani seluruh wilayah yang dijangkau oleh kapal-kapal Pelni, kapal penumpang, dan kapal tol laut. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.