Dark/Light Mode

RI-Singapura Mau Terapkan Reciprocal Green Lane

Bandara Soekarno-Hatta Fokus Matangkan 3 Persiapan

Jumat, 9 Oktober 2020 21:54 WIB
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Humas AP II)
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Humas AP II)

 Sebelumnya 
Implementasi RGL ini juga memperhatikan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Pasal 3 ayat 1 dalam Permenhumkam tersebut menyatakan, pemberian bebas visa kunjungan dan visa kunjungan dihentikan sementara sampai pandemi Covid-19 dinyatakan berakhir oleh kementerian/lembaga yang melaksanakan penanganan Covid-19.

Menanggapi hal ini, Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II Muhamad Wasid menegaskan, seluruh fasilitas akan siap digunakan ketika RGL Indonesia – Singapura resmi diberlakukan. “Seluruh kebutuhan atau fasilitas untuk kelancaran implementasi RGL Indonesia – Singapura di Bandara Soekarno-Hatta akan disiapkan oleh PT Angkasa Pura II dan stakeholder,” ujar Muhamad Wasid.

Baca juga : Bandara Soekarno-Hatta Kini Manfaatkan Matahari Jadi Sumber Energi Listrik Via PLTS

Protokol kesehatan yang saat ini sudah ada di Bandara Soekarno-Hatta juga akan diberlakukan bagi penumpang pesawat Indonesia – Singapura dan Singapura – Indonesia. Misalnya, kewajiban menjalankan physical distancing, pemeriksaan suhu tubuh, dan kewajiban memakai masker.

Pada kondisi normal, rute penerbangan Jakarta – Singapura termasuk sangat ramai dan sering menjadi rute nomor 3 paling sibuk di dunia.

Baca juga : Petugas Rapid Test di Bandara Soekarno-Hatta Akhirnya Jadi Tersangka

Dalam waktu dekat, PT Angkasa Pura II juga akan mengusulkan adanya Airport Corridor Arrangement Initiatives untuk mewujudkan safe travel di penerbangan rute Jakarta – Jeddah, Arab Saudi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.