Dark/Light Mode

Holding PTPN III Lakukan Peremajaan Sawit

Jumat, 30 Oktober 2020 13:44 WIB
Pohon sawit. (Foto: ist)
Pohon sawit. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding PTPN III (Persero) melakukan program Peremajaan Kebun Kelapa Sawit Rakyat (PSR) dengan mengganti tanaman lama dengan tanaman yang baru. Penanaman dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip good agricultural practices (GAP).

Direktur Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, M. Abdul Ghani mengatakan, program peremajaan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tanaman yang tidak produktif di perkebunan sawit rakyat. Luas peremajaan kebun sawit milik anak usaha PTPN mencapai 223.720 hektare.

Baca juga : Rokhmin Paparkan Strategi Pengembangan Minapolitan Di Dumai

Melalui Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) atau replanting sawit, diharapkan dapat meningkatkan produksi kelapa sawit dan meningkatkan kesejahteraan petani plasma meningkat. Selain itu, untuk menjaga kesinambungan pasokan bahan baku ke pabrik kelapa sawit PTPN Group.

"PTPN Group mengharapkan produksi kebun kelapa sawit dapat meningkat sejalan dengan rencana peremajaan kebun kelapa sawit milik anak perusahaan PTPN I hingga PTPN XIV seluas 223.719,71 hektare," kata Ghani dalam keterangan, Jumat (30/10).

Baca juga : Bamsoet Minta ICMI Muda Sebarkan Semangat Nasionalisme

Program BUMN Untuk Sawit Rakyat ditandai dengan tanam perdana peremajaan kebun sawit plasma PTPN V sebagai anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara di Kabupaten Rokan Hulu, Riau. PTPN V akan melakukan peremajaan kebun kelapa sawit plasma seluas 18.250 Ha, yang tersebar di lima kabupaten di Provinsi Riau.

Sebagai anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, fokus peremajaan sawit rakyat di samping untuk menyejahterakan petani plasma, juga untuk menjaga kesinambungan pasokan bahan baku ke PKS, di mana hampir 50 persen pasokan tandan buah segar (TBS) ke pabrik kelapa sawit (PKS) PTPN V berasal dari plasma dan pihak ketiga.

Baca juga : Pasukan Elit AL Inggris Gagalkan Pembajakan Kapal

Ghani menambahkan, sebagai dukungan perusahaan dalam percepatan program PSR, PTPN V telah melakukan kerja sama dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS Medan) dalam penyediaan sekitar 1,5 juta bibit kelapa sawit. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.