Dark/Light Mode

ELNUSA Perluas Bisnis dengan Transformasi dan Inovasi

Rabu, 4 November 2020 12:11 WIB
ELNUSA Perluas Bisnis dengan Transformasi dan Inovasi

 Sebelumnya 
Meskipun ini merupakan pengalaman pertama,  Elnusa berhasil mendukung PHE – ONWJ dalam menyelesaikan Project Decommissioning Platform YYA Removal. Sementara itu, dari segmen distribusi dan logistik energi, Elnusa kini mengelola 49 fuel terminal. Menjadi operator distribusi BBM nasional termasuk mendukung tercapainya BBM satu harga di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara dan Indonesia timur lainnya.

Pencapaian yang diraih tersebut tidak lepas dari beragam inovasi dan kreativitas, yang merupakan kunci daya tahan dan keberhasilan perseroan selama ini. Kreativitas untuk pembaruan dan kemampuan beradaptasi melalui inovasi, adalah keharusan yang mesti dilakoni perusahaan jasa energi demi memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan.

Elnusa telah melakukan berbagai inovasi, untuk meningkatkan kapabilitas serta kapasitas Indonesia dalam industri migas. Salah satunya adalah Petrofin Oil Spill Dispersant yang merupakan inovasi dari anak usaha Elnusa, yaitu PT Elnusa Petrofin.

Baca juga : Dirut Transjakarta Bangga DKI Jadi Kota Dengan Transportasi Terbaik Dunia

Oil dispersant menggunakan bahan kimia dalam penanganan tumpahan minyak, dengan cara membuat lapisan minyak yang tumpah menjadi butiran mikro. Sehingga, mempercepat proses remediasi.

Selain itu, dalam rangka mendukung produksi migas nasional, Elnusa kembali merakit sendiri unit terbaru hydraulic workover unit (HWU), yang merupakan hasil sinergi Elnusa dengan anak perusahaan.

Unit dengan nama Elnusa Hydraulic Rig 14 atau EHR-14 ini merupakan unit ketiga, yang sepenuhnya difabrikasi oleh anak bangsa.

Baca juga : AP II Dorong Airport 4.0 Menjadi Basis Transformasi Terdepan

Inovasi yang juga sedang dikembangkan dan berbasis IoT (internet of things) adalah smart water meter dan smart power meter untuk mendukung pengelolaan air, yang dilakukan di Kota Tangerang.

Sistem ini merupakan solusi pelayanan mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) perusahaan penyedia air, yang memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah.

Untuk mengantisipasi disrupsi, Elnusa membangun lab inkubator inovasi bernama Agni, yang akan mengelola dan mengembangkan inovasi, ide dan kreativitas yang ada di lingkungan perusahaan.

Baca juga : Di Atas Perahu Nelayan, BKS Dengar Aspirasi Nelayan Patimban

Dengan adanya Agni, Elnusa bersiap diri tidak tertinggal dalam era industri 4.0.

Wahyu menyebut, dengan segala kompetensi yang dimiliki dan Transformasi serta Inovasi yang telah dilakukan, Elnusa berharap dapat terus maju menyongsong tahun-tahun mendatan.  Penuh percaya diri, dengan bekal kinerja yang terus tumbuh tinggi. Ditopang oleh sumber daya manusia, yang berkomitmen dan berkualitas multi talenta.

"Semoga, cita-cita Elnusa menjadi perusahaan jasa energi yang mampu membangun kapasitas nasional, dengan berbagai prestasi dan inovasi serta disegani di kancah internasional, dapat segera terwujud," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.