Dark/Light Mode

AP ll Targetkan Jadi Pemimpin Pasar Operator Bandara Di ASEAN

Rabu, 18 November 2020 12:28 WIB
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: ist)
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (AP II) punya target tinggi di periode 2020-2024. AP ll bertekad untuk menjadi pemimpin pasar operator bandara di kawasan ASEAN.

President Director AP ll, Muhammad Awaluddin optimistis, target ini bisa tercapai karena visi ini sejalan dengan transformasi perusahaan yang dilakukan sejak 2016. Menurut dia, perseroan menjalankan program Transformation 1.0 pada 2016-2020, kemudian berlanjut ke Transformation 2.0 pada 2020-2024.

"Pada kurva kedua transformasi ini kami mencanangkan untuk menjadi pemimpin pasar di ASEANnl,” katanya, Rabu (18/11).

Baca juga : Pengembangan Bandara Di Manado Capai 62,7 %

Menurut Awaluddin, pada periode Transformation 1.0, AP ll fokus membangun kultur perusahaan yang kemudian berdampak pada sejumlah pencapaian. Antara lain lebih besarnya kontribusi pendapatan nonaeronautika (59 persen) pada 2019 dibandingkan dengan aeronautika (41 persen).

"Ini adalah salah satu indikasi bahwa perseroan telah menjadi pengelola bandara yang modern, tidak hanya bergantung pada pendapatan aeronautika," ujarnya.

Pencapaian selanjutnya, kata Awaluddin, adalah diterapkannya smart airport fully integrated serta meningkatkan kesehatan budaya organisasi melalui pengukuran Organization Culture Health Index (OCHI).

Baca juga : Pameran PULIH Pasar Seni Ancol Ajak Masyarakat Bangkit dari Krisis

Sementara itu, pada program transformasi selanjutnya yakni Transformation 2.0, fokus AP ll adalah memperluas portofolio bisnis. Kemudian mengadopsi prinsip operasi berstandar global dalam operasional kebandarudaraan, serta membangun sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

"Dalam setiap fase transformasi, baik itu Transformation 1.0 maupun Transformation 2.0, program dijalankan secara holistik dan komprehensif menyentuh setiap aspek perseroan yakni bisnis dan portofolio, infrastruktur & sistem operasi, serta sumber daya manusia," tuturnya.

Selain itu, kata Awaluddin, AP ll akan melakukan perubahan seluruh model bisnis, operasi dan pelayanan di bandara, hingga pola kerja karyawan agar ekosistem bisnis lebih terintegrasi dan terkoneksi dalam rencananya menjadi pemimpin pasar ASEAN.

Baca juga : Jokowi Bertemu Empat Negara Mitra ASEAN

Model bisnis akan dikembangkan hingga mampu beradaptasi dengan kondisi apa pun, kemudian inovasi akan ditekankan dalam operasional dan pelayanan bandara, serta kapasitas SDM ditingkatkan untuk menjaga pertumbuhan dan kelangsungan bisnis.

"Tiga hal tersebut diselaraskan sehingga konsep yang dijalankan PT Angkasa Pura II pada 2021 di dalam Transformasi 2.0 adalah link The BIG (business, innovation, growth) Model," tegasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.