Dark/Light Mode

Pemprov DKI Kewalahan

Warga Diminta Partisipasi Cegah Banjir

Jumat, 30 Oktober 2020 05:53 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat mengunjungi beberapa tempat di Jakarta yang terkena dampak banjir pada Sabtu (10/10/2020) malam. (Foto : Twitter)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat mengunjungi beberapa tempat di Jakarta yang terkena dampak banjir pada Sabtu (10/10/2020) malam. (Foto : Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Jakarta diminta berpartisipasi untuk mengendalikan banjir yang terus berulang di saat pandemi Corona. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui, pengendalian banjir di ibukota pada masa pandemi terasa berat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pasalnya, dalam waktu bersamaan harus memastikan warga tidak tertular Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Di masa pandemi ini memang kerja kita lebih berat lagi,’’ ungkapnya.

Baca juga : PermataNet, Berikan Pengalaman Baru Internet Banking

Menurut Riza, ada tiga langkah partisipasi warga untuk meringankan beban Pemprov DKI Jakarta dalam mengatasi banjir pada masa pandemi Corona. Pertama, membuat sumur- sumur resapan.

Kedua, tidak membuang sampah secara sembarangan. Dan, ketiga, membersihkan selokan secara rutin. Riza menjelaskan, program sumur resapan sudah dilakukan sejak Sutiyoso menjadi Gubernur, disusul Fauzi Bowo, Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama, Djarot Saiful Hidayat hingga saat ini Anies Baswedan. “Kita akan teruskan, supaya masyarakat terlibat aktif membuat sumur-sumur resapan,” harapnya.

Baca juga : Kemenpora Kawal Penggunaan Dana Pelatnas Cabor

Soal sampah, Riza mengingatkan, membuang sampah ke kali atau sungai membuat saluran terhambat, sehingga gampang menimbulkan genangan saat hujan. “Mari kita semua warga Jakarta untuk disiplin tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah di tempatnya,” tuturnya.

Riza juga mengingatkan pentingnya membersihkan selokan secara rutin. Dia yakin hal itu bila dilakukan akan memberi dampak signifikan terhadap pencegahan banjir.

Baca juga : Nikmati Wisata Bahari, Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Untuk itu, pihaknya dan wali kota, lurah, hingga pengurus Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) akan terus mengajak warga di semua titik untuk melakukan pembersihan lingkungan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.