Dark/Light Mode

Jaga Stabilitas Pangan 

BULOG Gelar Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah

Minggu, 17 Maret 2019 20:04 WIB
Karyawan Perum BULOG saat melakukan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah. Operasi pasar untuk menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan khususnya beras di tingkat konsumen. (Foto : Dok Humas Perum BULOG)
Karyawan Perum BULOG saat melakukan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah. Operasi pasar untuk menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan khususnya beras di tingkat konsumen. (Foto : Dok Humas Perum BULOG)

 Sebelumnya 
Tri Wahyudi menerangkan, dalam pelaksanaan kegiatan KPSH ini, BULOG melibatkan banyak pihak dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan, ataupun yang membidangi di tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota. 

Baca juga : Pengamat : Pola Konsumsi Masyarakat Bergesar

Diantaranya, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) masing-masing daerah, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan, maupun pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta melalui Distributor. 

Baca juga : Kebijakan Bagasi Berbayar Ganggu Sektor Pariwisata

"BULOG juga bekerjasama dengan Satgas Pangan POLRI dan Jajaran Kementerian Perdagangan RI untuk melakukan pengawasan dalam pelaksanaan KPSH beras medium ini," katanya.

Baca juga : Pasokan Beras Lancar, Harga Naik Hoaks Tuh...

Tri Wahyudi juga menjelaskan, Kementerian Perdagangan telah menugaskan BULOG untuk melanjutkan kegiatan KPSH melalui surat Menteri Perdagangan RI tanggal 2 Januari 2019.  Surat yang ditujukan kepada Dirut Perum BULOG itu mengatur soal harga beras af gudang untuk wilayah 1 (Jawa, Lampung, Sumsel, Sulawesi, NTB, Bali) sebesar Rp. 8.100/kg , wilayah 2 (Sumatera kecuali Lampung dan Sumsel, Kalimantan, NTT) sebesar Rp. 8.600/kg, dan wilayah 3 (Maluku dan Papua) sebesar Rp. 8.900/kg. "Dengan harga jual maksimal sesuai HET masing-masing wilayah," papar Tri Wahyudi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.