Dark/Light Mode

Rini Resmikan Sejumlah Proyek Pelindo I

Minggu, 17 Maret 2019 20:02 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan sejumlah proyek strategis Pelindo I di Belawan, Sumatera Utara, Minggu (17/3).
Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan sejumlah proyek strategis Pelindo I di Belawan, Sumatera Utara, Minggu (17/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak ada kata lelah bagi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.Usai mendampingi Presiden Joko Widodo di Sibolga, Sumatera Utara, Rini langsung mengunjungi Pelabuhan Belawan. Di sana terdapat sejumlah proyek strategis milik PT Pelindo I yang diresmikannya.

Pada kunjungannya ini Menteri Rini meresmikan Car Terminal dengan kapasitas 8.000 unit mobil per bulan yang baru diselesaikan PT Pelindo I. Tak hanya itu, dia juga meresmikan pembangunan Terminal Curah Kering berupa fasilitas gudang dan conveyor untuk bongkar muat cargo curah kering dengan produktivitas 700 – 1.000 ton/jam.

Kemudian dia meresmikan 3 unit Tangki Timbun Crude Palm Oil (CPO) Antar Pulau dengan total kapasitas 9.000 ton beserta fasilitas pendukungnya. Antara lain Terminal Shorebase, Gedung Kantor Terpadu (Kantor Pusat dan Cabang), Gate Pelabuhan, Rigid Pavement Jalan Pelabuhan dan Gate Terpadu Terminal Peti Kemas Belawan.

Baca juga : Piala Presiden 2019 Sedot Banyak Penonton

"Saya sungguh bangga PT Pelindo I dapat menyelesaikan pembangunan ini dengan sangat baik. Apalagi tadi Presiden Jokowi juga sudah memuji fasilitas pelabuhan di Sibolga," kata Menteri Rini di Belawan, Minggu (17/3).

Setelah itu, Rini meninjau ke sejumlah proyek strategis pemerintah yang telah diselesaikan oleh PT Pelindo I. Misalnya saja, pembangunan Terminal Penumpang Berstandar Bandara di Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dan Sri Bintan Pura, Pemasangan fix crane dan perpanjangan dermaga sepanjang 70 meter di Terminal Petikemas Keperintisan Sei Kolak Kijang, serta modernisasi kapal tunda dan kapal pandu.

Menurut dia, pengembangan secara berkelanjutan ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan pemerintah. Terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional.

Baca juga : Keindahan Mandeh Tawarkan Sejuta Pesona

Rini berharap, penyelesaian sejumlah proyek strategis ini bisa semakin menurunkan biaya logistic nasional. Kemudian mendorong dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, khususnya daerah Sumatera Utara dan sekitarnya.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana menjelaskan perusahaannya terus melalukan upaya peningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus. Serta melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga.

“Hal itu untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Penambahan peralatan ini berupa 20 unit terminal tractor di BICT, 4 unit Rubber Tyred Gantry Crane di TPKDB, 4 unit Kapal Tunda dan Kapal Pandu. Ini juga sebagai langkah awal dalam memasuki era industri 4.0,” ucap Bambang.

Baca juga : RUU Koperasi Bisa Disahkan Setelah Reses

Selain meresmikan Penataan Pelabuhan Belawan, Rini juga meninjau pelaksanaan pasar sembako murah di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan. Kegiatan pasar murah ini berisi paket sembako sebanyak 5.000 paket yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng dan teh yang dijual dengan harga Rp 10.000. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.