Dark/Light Mode

Pertamina Ajak Jurnalis Kenali Konservasi Yaki di PPS Tasikoki Sulawesi Utara

Kamis, 26 November 2020 20:25 WIB
Pertamina Ajak Jurnalis Kenali Konservasi Yaki di PPS Tasikoki Sulawesi Utara

 Sebelumnya 
Ia mengatakan kerjasama yang terjalin selama ini cukup baik. Pertamina bersama Yayasan Masarang pun memberikan edukasi kepada masyarakat melalui program Tasikoki Conservation Camp dan Pendidikan Konservasi serta sosialisasi ke sekolah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam melindungi satwa langka.

Sementara itu, dalam kunjungannya meninjau program CSR ini  Arya mengatakan program konservasi Yaki ini sudah bekerjasama dengan Yayasan Masarang sejak tahun 2017.  Yaki ini merupakan satwa endemik yang terancam punah karena kerusakan hutan dan maraknya perburuan dan perdagangan satwa liar untuk dikonsumsi dan dipelihara.

Baca juga : Serangan Pemberontak Houthi Yaman Kenai Tanker Yunani di Saudi

"Demi melestarikan satwa Indonesia, bentuk dukungan yang diberikan Pertamina diantaranya untuk program konservasi Yaki ini seperti pembibitan pohon pakan alami Yaki, dukungan medical check up untuk animal keeper untuk meminimalisir resiko zoonosis serta pembuatan kandang habituasi untuk Pelepasliaran Yaki di Gunung Ambang," ujar Arya.

Tak hanya di Sulawesi Utara, Arya mengatakan bahwa terdapat 55 (lima puluh lima) program Konservasi Kehati di wilayah operasi Pertamina di Indonesia, baik itu program konservasi flora maupun fauna.

Baca juga : Pertamina Fasilitasi Bank Sampah Produksi Energi Terbarukan

Arya berharap melalui program konservasi yang dilakukan Pertamina ini dapat membantu memulihkan populasi Yaki di alam yang terancam punah serta mengedukasi masyarakat untuk dapat sadar akan pentingnya menjaga kelestarian satwa di alam. "Sehingga dapat memitigasi konflik antara manusia dan yaki yang membuat kelestarian mereka terancam. Karena apabila satwa ini lestari lingkungan pun turut lestari,"pungkas Arya.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.