Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menko PMK Kembali Gaungkan Revolusi Mental Di HUT Ke-56 Sulawesi Utara

Rabu, 23 September 2020 16:44 WIB
Menko PMK),Muhadjir Effendy
Menko PMK),Muhadjir Effendy

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan Revolusi mental kembali digaungkan di Peringatan HUT ke-56 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar secara virtual. 

Acara Webinar tersebut, diikuti oleh Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, anggota DPRD Provinsi Sulut, dan generasi milenial dari seluruh Sulut.

Dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Revolusi Mental adalah gerakan untuk menggembleng Sumber Daya Manusia (SDM) agar tumbuh menjadi manusia baru. 

Baca juga : Puan: Revolusi Mental Dibutuhkan untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Gerakan Revolusi Mental, lanjut Muhadjir, pada hakikatnya merupakan semangat yang terilhami dari Bapak pendiri bangsa, Soekarno untuk mewujudkan manusia Indonesia yang baru di masa awal kemerdekaan.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir saat menjadi pembicara kunci dalam Webinar bertajuk ‘Gebyar Revolusi Mental: Peringatan HUT ke-56 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (23/9).

"Bung Karno meminta manusia Indonesia berubah menjadi manusia baru yang punya hati bersih, putih bersih, tulus dalam segala hal. Termasuk, memperjuangkan kepentingan nasional," imbuhnya.

Baca juga : Menteri Agama Isolasi Mandiri di Rumah Sakit

Untuk mewujudkan Indonesia baru tersebut di masa sekarang, maka menurutnya, Revolusi Mental harus bisa dibangun mulai dari generasi milenial. Apalagi, Indonesia akan menyongsong bonus demografi pada 2030 yang mana peran generasi milenial sangat menentukan masa depan.   

Generasi milenial, kata dia, harus mewarisi nilai-nilai luhur dari Presiden Soekarno dalam membangun bangsa Indonesia. Serta, harus memiliki lima hal yang disebutnya sebagai 5C, yaitu  Critical Thinking, Communication, Colaboration, Creative dan, Character.

"Tugas kalian dan  tanggung jawab kalian mewarisi semangat nilai perjuangan, nilai pengabdian dari tokoh founding father kita yaitu Bung Karno," ucapnya.

Baca juga : Belum Lengkap, Kejagung Kembalikan Berkas Perkara Djoko Tjandra Ke Bareskrim

Muhajir berharap dengan keberhasilan Sulut sebagai percontohan dari implementasi Gerakan Revolusi Mental akan lahir generasi milenial yang mewarisi semangat Bung Karno yang memiliki hati bersih, semangat membara, dan memiliki daya jelajah seperti burung elang rajawali, dan semangatnya menyala-nyala seperti api.

"Kalau itu diwariskan, maka saya yakin Bung Karno muda yang lahir di Bumi Sulut. Mereka  akan melanjutkan perjuangan founding fathers kita ," pungkasnya. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.