Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Kelangkaan Di Akhir Tahun

RNI Gandeng Aprindo Amankan Stok Pangan

Rabu, 2 Desember 2020 05:58 WIB
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI menggandeng Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk mencegah kelangkaan dan kenaikan harga pangan pada akhir tahun.

Kerjasama itu dilakukan sebab, pada akhir tahun biasanya permintaan pangan mengalami peningkatan. Karena itu, RNI merasa perlu meningkatkan sinergi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan stok dan harga pangan tetap terjaga dengan baik.

Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi meyakini, langkah RNI bersama anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Klaster bekerja sama dengan Aprindo berjalan efektif.

Pasalnya, jaringan Aprindo tersebar di seluruh Indonesia. “Upaya ini sejalan dengan peran RNI sebagai BUMN Klaster Pangan, dalam memastikan ketersediaan dan keterjangkauan pangan hingga di tingkat masyarakat (end user),” kata Arief dalam keterangan persnya, baru-baru ini.

Baca juga : Perindo Siap Menangkan Pilkada 2020

Arief berharap, kerja sama dengan peritel tidak hanya untuk menjaga ketersediaan pangan jelang akhir tahun ini saja. Tetapi terus berlanjut.

Menurutnya, sinergi perlu dijalankan secara bertahap untuk memberi kepastian tentang pasokan pangan bagi publik. Dia menegaskan, BUMN Klaster Pangan selalu siap menjalankan penugasan dari pemerintah untuk melakukan penguatan di sektor hulu, dengan memperkuat produksi berbagai komoditas pangan.

Karena itu, sekarang ini BUMN Klaster Pangan sudah memiliki banyak sekali produk hilir yang siap dipasok ke berbagai toko.

“Kami menyediakan berbagai produk, mulai dari beras, gula, daging ayam, daging sapi, ikan, minyak goreng, teh, garam, kopi, dan berbagai produk turunannya,” sebutnya.

Baca juga : Cegah Covid Menggila, Libur Akhir Tahun Dikorting 3 Hari

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey menambahkan, dalam kerja sama tersebut, RNI mendukung pendistribusian produk pangan dan pergudangan.

Menurutnya, upaya antisipasi kebutuhan pokok jelang akhir tahun sudah dilakukan sejak tiga bulan yang lalu.

“Seluruh anggota Aprindo, yang jumlahnya mencapai 45 ribu ritel di seluruh Indonesia, sepakat bekerja sama menjaga pasokan pangan,” kata Roy kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia menuturkan, kerja sama dengan PT RNI untuk memudahkan distribusi dan pasokan bahan bahan pokok kepada masyarakat.

Baca juga : Jaga Kelancaran Proyek Strategis Nasional, Pertamina Gandeng Kejagung

“Pasokan pangan yang kami jual antara lain, produk gula, beras, dan lainnya,” terangnya.

Tidak hanya dengan RNI, Aprindo juga bekerja sama dengan Holding PTPN III, untuk menjaga kestabilan harga dan pasokan pangan di akhir tahun.

“Kami menjaga stok produk pangan di pasar ritel. Tujuannya, untuk memastikan ketersediaan pangan terjangkau dan berkualitas buat masyarakat,” pungkasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.