Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan Wirausahawan Muda, Kemenpora RI Gandeng Unissula Semarang

Senin, 2 November 2020 16:46 WIB
Menpora Zainudin Amali membuka acara secara virtual. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali membuka acara secara virtual. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenpora RI menggandeng Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang untuk mengembangkan dunia kewirausahaan dengan menggelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda secara virtual, Senin (2/11).

Acara dibuka oleh Menpora RI Zainudin Amali. Kerja sama berbasis strategis pemuda di Perguruan Tinggi di bidang kewirausahaan sangat diperlukan guna menyongsong era Revolusi Industri 4.0 dan bonus demografi yang tak terelakkan.

Baca juga : Ini Program Jangka Panjang Kementan Untuk 4 Tahun Ke Depan

Penyiapan para lulusan Unissula untuk tidak menjadi bingung dalam dunia kerja merupakan tujuan utama kerjasama. "Pengembangan kewirausahaan pemuda merupakan salah satu program prioritas Kemenpora RI, tujuan kerjasama ini agar para lulusan perguruan tinggi (salah satunya, Unissula) nantinya tidak sebagai pencari kerja tetapi penyedia lapangan kerja," tegas Menpora dalam pernyataan tertulisnya kepada media.

Dia juga memberikan apresiasi apa yang disampaikan Rektor Unissula Bedjo Santoso bahwa, pengembangan kewirausahaan dengan kemampuan digital bagi para mahasiswa dalam era sekarang Revolusi Industri 4.0.

Baca juga : Kembangkan Sepak Bola Usia Muda, PSSI Gelar Seleksi Garuda Select

"Saya apresiasi Unissula mewajibkan setiap lulusan melalui Laboratorium Enterpreneur Center sebagai salah satu langkah untuk mengembangkan dunia kewirausahaan di kalangan mahasiswa," katanya.

Anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat yang turut menghadiri kuliah kewirausahaan tersebut memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang bertujuan merubah orientasi para pemuda (mahasiswa) untuk berorientasi membangun usaha.

Baca juga : Seimbangkan Program Kesehatan dan Ekonomi, Kunci Pemulihan Koperasi Dan UMKM

Langkah ini sejalan dengan tekad pemerintah untuk terus meningkatkan prosentase penduduk yang menekuni dunia wirausaha yang secara data memang masih kecil bila dibandingkan dengan negara-negara maju.

"Data menyebutkan 80% lulusan orientasi menjadi pegawai pemerintah/swasta, 14% ke politik, dan lebih kurang 3-4% wirausaha. Kami Komisi X DPR RI sangat mendukung program Kemenpora RI ini untuk terus dikembangkan," katanya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.