Dark/Light Mode

CIMB Niaga Syariah Optimisme Target Di 2021 Tercapai

Senin, 7 Desember 2020 14:59 WIB
Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara. (Foto: Istinewa)
Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara. (Foto: Istinewa)

 Sebelumnya 
Optimisme juga terlihat dari digital banking yang terus berkembang pesat, terutama di tengah pandemi Covid-19. Bahkan bagi bank syariah, peluang ini akan makin terbuka lebar lagi di tahun depan.

Mengingat di mana pertumbuhan digital ini tergantung pada Islamic Community yang kian besar. "Potensi dari Islamic Community dari halal travel, halal lifestyle, halal fashion dan lainnya bisa mencapai Rp 500 triliun. Angka ini sangat besar sekali untuk digarap. Bagaimana kami memanjakan konsumen halal ini akan kebutuhan digital," ungkapnya.

Menyoal persaingan ke depan di perbankan syariah, terutama dengan adanya merger tiga anak usaha bank Himbara, Pandji mengaku juga menyambut baik.

Baca juga : Mandiri Syariah Raih Penghargaan Kinerja QRIS Terbaik dari BI

Menurutnya hal itu justru semakin meramaikan persaingan yang positif antarbank syariah. Hal itu sekaligus menjadi ajang promosi bahwa bank syariah juga bisa besar dan makin diminati masyarakat.

"Selama ini bank syariah masih dianggap anak bawang, justru dengan kehadiran merger ini makin membuktikan ke masyarakat bahwa kapasitas bank syariah itu pun besar. Persaingan pada dasarnya tiap perusahaan sudah punya market dan keunggulannya masing, jadi santai saja," tegasnya.

Green Financing

Baca juga : CIMB Niaga Syariah Genjot Pembiayaan Lewat X-TRA Dana iB

Tak hanya optimistis dari sisi kinerja, CIMB Niaga Syariah juga telah mencanangkan program Sharia Sustainable Development Goals (SDGs) Initiatives 2020, khususnya dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di mana prinsip-prinsip keberlanjutan sejalan dengan nilai-nilai syariah seperti kebaikan, kebermanfaatan untuk umat, pembangunan yang merata, inklusif, adil, serta menjaga keseimbangan lingkungan alam, masuk dalam rencana bisnis dan pertumbuhan bank.

Dalam implementasi Sharia SDGs Initiatives 2020, CIMB Niaga Syariah telah menyusun sejumlah inisiatif, salah satunya Program Motor X-TRA Gesits.

Baca juga : Tinjau Pembangunan Sirkuit Mandalika, Zainudin Amali Optimistis MotoGP 2021 Terlaksana

Sebuah program pembiayaan syariah yang dikhususkan untuk pembelian sepeda motor listrik menggunakan fasilitas X-TRA Dana iB dengan akad murabahah atau pembiayaan dengan prinsip jual beli antara bank dengan nasabah.

"Ini merupakan bentuk Green Financing yang ramah lingkungan. Kami juga mengajak nasabah untuk bersama-sama mendukung terciptanya kualitas udara yang bersih dan ramah lingkungan,” pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.