Dark/Light Mode

Sandiaga Uno Bagikan Tips Untuk Jadi Studentpreneur

Selasa, 8 Desember 2020 23:41 WIB
Sandiaga Uno. (Foto ist)
Sandiaga Uno. (Foto ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sandiaga Uno mengatakan, memulai usaha bagi studentpreneur itu membutuhkan kerja keras. Bukan semata-mata persiapan modal apalagi modal yang relatif banyak.

"Yang paling penting juga adalah silaturahmi. Karena di balik silaturahmi, Allah janjikan panjang umur dan kemurahan rejeki," kata Sandiaga melalui keterangan persnya, Selasa (8/12).

Baca juga : Tips Sandiaga Uno Agar Indonesia Bangkit Dari Resesi

Oleh karena itu, menurut Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu modal dasar dari setiap studentpreneur adalah cerdas, dapat dipercaya, integritas, dan menyampaikan hal-hal yang baik. "Seorang entrepreneur harus cerdas menangkap peluang, harus mempu untuk bertanggungjawab ketika diberikan kepercayaan, mampu untuk selalu tampil jujur, dan bisa menyampaikan hal-hal yang baik dalam dunia usaha," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Dia mencontohkan, Steve Jobs, Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, hingga Mark Zuckerberg tidak memiliki modal yang berlimpah ketika pertama kali menjalankan usahanya. "Dan banyak sekali kisah orang-orang sukses yang tidak memiliki modal besar dalam memulai usahanya," katanya.

Baca juga : Intiland Gandeng Total Bangun Persada Untuk Konstruksi Apartemen SQ Res

Bill Gates diketahui hanya memiliki modal 3.400 dolar Amerika Serikat ketika memulai Microsoft. Demikian pula Mark Zuckerberg, dia memulai Facebook dari kamar asramanya.

Oleh sebab itu, Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini menegaskan, kaula muda tak perlu takut untuk memulai usaha meskipun dengan modal terbatas. Terpenting, harus mempunyai tekad dan ide cemerlang untuk memulai suatu usaha.

Baca juga : Soksi Berikan 1000 Beasiswa Untuk Cetak Sarjana Muda

"Kerjakan bersama-sama dengan teman, jangan ditunda-tunda. Kita mulai berusaha sedini mungkin. Tapi tentunya jangan sampai mengganggu tugas belajar," ujarnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.