Dark/Light Mode

Tips Sandiaga Uno Agar Indonesia Bangkit Dari Resesi

Selasa, 1 Desember 2020 17:40 WIB
Sandiaga Uno (Foto: Ist)
Sandiaga Uno (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 membuat ekonomi Indonesia jatuh ke lubang resesi. Pada kuartal III-2020 ekonomi Indonesia minus 3,49 persen, melanjutkan laju ekonomi di kuartal II-2020 yang tercatat minus 5,32 persen.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno memberikan, masukan terhadap pemerintah agar bangkit dari jurang resesi. Menurutnya ada dua dua cara untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi. 

Berita Terkait : Sandi: Guru Berperan Majukan Ekonomi Indonesia

Pertama, pemerintah harus memastikan angka infeksi kasus Covid-19 terkendali. "Kita harus memastikan curvanya datar. Kita juga harus melihat data ilmiah dan menempatkan penanganan Cobid-19 sebagai prioritas," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (1/12).

Kedua, pemerintah harus fokus pada investasi yang menciptakan lapangan pekerjaan melalui Undang-Undang Cipta Kerja. Memalui beleid tersebut, pemerintah juga diminta untuk memperhatikan aspek lingkungan.

Berita Terkait : Sandiaga Uno Bagikan Tips Usaha Kopi Di Tengah Pandemi

Yang tak kalah penting, UU tersebut harus bisa memastikan dampaknya tidak akan memperlebar kesenjangan sosial yang semakin mengkhawatirkan selama pandemi. "Undang-Undang Ciptaker ini dibuat untuk menarik investasi. Tapi investasi macam apa?,” ujarnya 

Menurutnya, jika hanya mengandalkan UU Ciptaker tidak akan mengangkat Indonesia dari masalah pandemi. Tapi Indonesia juga butuh keseriusan penanganan kesehatan, terutama masalah Covid-19. "Semoga dengan kedua cara yang bekerja berdampingan, kita bisa keluar dari pandemi dan resesi dunia," kata dia.

Baca Juga : Geledah Kantor PT ACK, KPK Sita Dokumen Ekspor Benih Lobster

Kendati demikian, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut optimistis perekonomian Indonesia dan dunia bergerak ke arah positif pada 2021 mendatang. Hal ini seiring dengan ketersediaan vaksin Covid-19. [UMM]