Dark/Light Mode

Tutup Tahun Program Mizuiku 2020

SGB Gelar Wisuda Virtual 3 Ribu Siswa SD

Rabu, 9 Desember 2020 21:33 WIB
Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Cicilia Sulastri. (Foto: Ist)
Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Cicilia Sulastri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan patungan milik Suntory Beverage & Food Ltd dan Garuda Food Group, PT Suntory Garuda Beverage (SGB) merayakan tutup tahun program Mizuiku 2020.

Tutup tahun dirayakan dengan beragam aktivitas. Di antaranya gelaran prosesi wisuda untuk pertama kalinya bagi lebih dari tiga ribu siswa yang berasal dari 18 sekolah dasar (SD), tersebar di enam wilayah di Indonesia. Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang kompetisi mengajar dan menulis bagi guru, serta kompetisi menggambar bagi siswa.

Sertifikat kelulusan disampaikan langsung perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) kepada perwakilan-perwakilan sekolah.

Baca juga : Dubes Al Busyra Basnur Gelar Tur Virtual Di KBRI Addis Ababa

Wisuda bagi siswa SD ini merupakan kelanjutan dari wisuda yang telah dilakukan Mizuiku bagi lebih dari 500 guru SD dan 200 guru Sekolah Menengah Pertama dan Atas yang telah selesai mengikuti serangkaian pelatihan Train-the-Trainer pada Oktober lalu.

Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Cicilia Sulastri mengapresiasi SGB melalui program Mizuiku ini. Cicilia mengaku bahagia karena semakin banyak pihak swasta yang mendukung Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah, peningkatan kapasitas mengajar guru maupun sertifikasi Adiwiyata di sekolah-sekolah.

Apalagi, kata Cicilia, di sepanjang tahun 2020 ini, ia melihat sendiri besarnya komitmen program Mizuiku untuk melestarikan air bersih dan lingkungan melalui program edukasi, pembinaan guru dan sekolah serta program dan fasilitas konservasi air. Tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di Gowa, Banjarbaru, Sidoarjo dan Tangerang.

Baca juga : UIN Bandung Gelar Wisuda secara Virtual

"Kami harap tahun depan, Mizuiku akan terus berkelanjutan bahkan diperluas ke daerah-daerah lain sehingga semakin banyak siswa dan guru yang terekspos modul-modul pendidikan ini," kata Cicilia saat wisuda virtual 3 ribu siswa SD, di Jakarta, Rabu (9/12).

Chief Executive Officer & President Director SGB Ong Yuh Hwang mengatakan, seperti layaknya kesuksesan program Mizuiku di negara-negara lain, kunci keberhasilan Mizuiku 2020 di Indonesia ada pada lima komponen. Di antaranya, dukungan dari para pemangku kepentingan, kerja sama yang erat dengan guru dan sekolah, modul yang terstruktur dengan baik, komponen pembelajaran yang menarik dan kompetensi fasilitator yang handal.

"Kami sangat menghargai segala bentuk kolaborasi dari semua pihak kepada Mizuiku dari awal sampai sekarang," ujarnya.

Baca juga : PSSI Gelar Rapat Virtual dengan Seluruh Asprov

SGB, kata Ong, juga menekankan pentingnya keberlanjutan air bersih. Bukan saja karena air merupakan inti bisnis perusahaan tapi air juga merupakan sumber daya paling berharga untuk mendukung kehidupan manusia Mizuiku yang berarti 'Aku Cinta Air Bersih' adalah program berkelanjutan mempromosikan kesadaran pelestarian air bersih kepada anak-anak agar menjadi agen-agen perubahan dalam usaha pelestarian air bersih. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.