Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

UIN Bandung Gelar Wisuda secara Virtual

Minggu, 9 Agustus 2020 23:44 WIB
Pelaksanaan Wisuda ke-78 UIN Bandung yang digelar secara virtual, Minggu (9/8). (Foto: Dok. UIN Bandung)
Pelaksanaan Wisuda ke-78 UIN Bandung yang digelar secara virtual, Minggu (9/8). (Foto: Dok. UIN Bandung)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana pandemi Covid-19 tak membuat UIN Sunan Gunung Djati Bandung menunda proses wisuda bagi para mahasiswa yang sudah menyelesaikan masa studinya. Rektor UIN Bandung Prof Mahmud tetap melantik 800 lulusan pada Wisuda ke-78 yang digelar secara virtual melalui Zoom dan disiarkan langsung di Youtube dan Facebook UIN Bandung, Minggu (9/8). Sidang Senat Terbuka dalam Wisuda ke-78 lulusan Program Sarjana, Magister, dan Doktor UIN Bandung ini dibuka secara resmi Ketua Senat Universitas, Prof Nanat Fatah Natsir. 

Prof Mahmud menuturkan, saat ini, semua pihak dihadapkan dengan situasi yang mengkhawatirkan. Di satu pihak ada pandemi Covid-19, di pihak lain juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan tugas bekerja sesuai dengan tusinya masing-masing. 

Prof Mahmud menerangkan, atas dasar menjaga kesehatan, keselamatan, dan ikhtiar untuk memutus mata rantai virus corona, dengan penuh keterpaksaan UIN Bandung harus memutuskan pelaksanaan wisuda secara virtual. "Oleh karenanya, kami berharap kendatipun pelaksanaan secara virtual, tidak mengurangi kekhusyukan kita dan tidak mengurangi nilai kemanfaatan. Pelaksanaan kegiatan ini sekaligus kita sadari bahwa memang tidak selamanya harapan kita menjadi kenyataan,” tuturnya.

Baca juga : Universitas Pancasila Kali Pertama Gelar Wisuda Daring

Rektor menekankan, dalam menghadapi situasi seperti ini, lulusan UIN Bandung harus tampil memberikan solusi dan bermanfaat di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Untuk urusan Covid-19, bisa menggunakan dua pendekatan. Pertama, secara lahir (medis) mengikuti aturan-aturan protokol Covid-19 yakni jaga jarak, bermasker, cuci tangan, di rumah aja. Kedua, pendekatan batin (agama) seperti berdoa setiap pagi dan sore, dawam wudhu, dan juga jangan mendatangi tempat yang sudah terkena wabah, banyak beristighfar.

“Saya yakin, ketika Saudara-Saudara para lulusan bergerak tampil menyelesaikan persoalan wabah ini dengan dua pendekatan sesuai dengan kapasitas Saudara, melalui izin Allah, wabah Corona akan hilang dari negeri yang kita cintai ini," ujarnya.

5 Wejangan Menag
Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan wejangan pesan ke 800 lulusan UIN Bandung yang diwisuda. Pertama, tetap bersyukur. “Walaupun melalui daring, kita bersyukur bahwa Allah SWT masih memberi kesehatan kepada kita semua, terutama di masa Pandemi Covid-19 ini,” tegasnya.

Baca juga : MPR Akan Gelar Sidang Tahunan dengan Protokol Kesehatan Ketat

Kedua, dia mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan studinya, baik di program sarjana, program magister, maupun program doktor. “Ini adalah prestasi akademik yang luar biasa setelah saudara-saudara menempuh perkuliahan untuk sekian lama, dengan berbagai dinamikanya, dengan berbagai suka-dukanya. Tentu ada banyak tangan-tangan yang telah mengantarkan saudara-saudara ke titik kesuksesan ini. Maka, berterima kasihlah kepada mereka,” paparnya

Ketiga, Fachrul berpesan ke para wisudawan tetap semangat. “Meskipun dilaksanakan secara daring, wisuda tidak mengurangi nilai sebuah penegasan bahwa Saudara-Saudara telah menapaki tangga kesuksesan dari tangga-tangga yang harus dilalui,” ucapnya.

Keempat, wisuda adalah sebuah pintu masuk ke tengah-tengah masyarakat, pintu untuk mendedikasikan diri kepada nusa dan bangsa. “Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya ingin berpesan kepada para wisudawan agar saudara-saudara mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi tantangan zaman saat ini,” terangnya.

Baca juga : TCS iON Luncurin Ruang Belajar Virtual

Kelima, berdoa agara para wisudawan dapat memanfaatkan dan mendedikasikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat. “Semoga Allah SWT senantiasa menyertai langkah-langkah saudara untuk memperoleh kesuksesan di dunia dan akhirat,” ujarnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.