Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dunia Usaha Ngarep Kepala Daerah Terpilih Pro Bisnis

Rabu, 9 Desember 2020 17:32 WIB
Ketua HIPPI Sarman Simanjorang. (Foto: ist)
Ketua HIPPI Sarman Simanjorang. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia usaha berharap para kepala Daerah yang terpilih pada Pilkada serentak mampu menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif dengan kebijakan yang pro bisnis dan pro dunia usaha.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hipmi), Sarman Simanjorang mengatakan, para kepala daerah harus memiliki jiwa entrepreneuer yang mampu menggali berbagai potensi di daerahnya untuk dijadikan peluang usaha dan bisnis baik untuk pengusaha lokal maupun investor luar. 

“Pertumbuhan ekonomi nasional akan cepat tumbuh positif apabila ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang positif dari daerah,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka, Rabu (9/12).

Baca juga : Alarm Untuk Kepala Daerah

Menurut dia, para kepala daerah harus berani keluar dari zona nyaman. Jadi tidak melulu mengandalkan dana APBD namun bagaimana mampu mendatangkan investor ke daerahnya. 

“Para kepala daerah yang terpilih harus berorientasi jangka menengah dan panjang,” bebernya.

Kehadiran investor di suatu daerah akan membawa efek domino. Antara lain; mampu menaikkan pertumbuhan ekonomi, aktivitas bisnis yang semakin bergairah, tersedianya lapangan pekerjaan,terbukanya peluang usaha bagi UMKM dan naiknya konsumsi rumah tangga.

Baca juga : Menerka-nerka Kepala Daerah

Semangat reformasi birokrasi dari pemerintah pusat ke daerah harus sinergi dan terintegrasi sehingga berbagai perizinan usaha dan investasi akan lebih baik dan memiliki kepastian. Salah satunya dengan Undang-Undang Cipta Kerja yang sudah di sahkan dan saat ini sedang difinalisasi peraturan turunannya harus didukung oleh para kepala daerah terpilih.

“Sehingga daya tarik investor masuk ke Indonesia semakin tinggi dan menjadi kesempatan dan peluang bagi kepala daerah untuk mempromosikan potensi daerahnya untuk dilirik investor,” katanya.

Dengan sinergitas pemerintah Pusat dan Daerah diharapkan akan mampu mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Semoga Pilkada tahun ini terpilih Kepala Daerah yang memiliki semangat reformasi, berjiwa enterpreneuer dan memiliki kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan daerahnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.