Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Istiqlal Luncurkan Startup Halal Indonesia

Senin, 28 Desember 2020 13:29 WIB
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kedua dari kanan) dalam webinar nasional di Masjid Istiqlal.
[Foto: Merry Apriyani/RM)
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kedua dari kanan) dalam webinar nasional di Masjid Istiqlal. [Foto: Merry Apriyani/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan pengelola Masjid Istiqlal bersama BIG Indonesia meluncurkan program Istiqlal Indonesia Halal Center (IIHC). Program yang khusus dijadikan sebagai basis perusahaan rintisan atau startup halal.

"Wajah baru Masjid Istiqlal disamping untuk ibadah dan dakwah juga didayagunakan untuk mengkaji ilmu, berkesenian, sosial dan pusat kegiatan ekonomi umat," jelas Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dalam sambutannya dalam webinar nasional di Masjid Istiqlal, Senin (28/12).

Baca juga : Sepanjang 2020, Israel Hancurkan 170 Rumah Palestina

Dia juga menyebut IIHC menjadi bukti bahwa masjid kebanggaan nasional itu mampu memberdayakan umat Islam maupun seluruh warga negara Indonesia. "Biasanya kita berbicara bagaimana memberdayakan masjid. Nah kami akan balik. Istiqlal akan membalik statement ini, bagaimana masjid memberdayakan umat," katanya.

"Poin yang sangat penting yang akan dikembangkan oleh IIHC adalah kolaborasi ekosistem halal program," tambahnya.

Baca juga : PSI Ketauan Belangnya

Menurut Nasaruddin, Istiqlal bisa menjadi inkubator yang dapat melahirkan potensi-potensi luar biasa. Saat ini Indonesia sudah mempunyai regulasi terkait produk halal dan juga didukung oleh pemerintah serta fasilitas lain.

"Istiqlal hadir terutama untuk UKM, apa dan bagaimana jaminan produk halal. Bagaimana bisa menjadi ranah ekonomi produk halal ini menjadi suatu yang menjanjikan di masa depan" terang Nasaruddin.

Baca juga : Luncurkan e-TVmall, MNC Group Garap Bisnis E-Commerce

IIHC mengusung lima program khusus. Kelimanya ialah inkubator dan akselerator produk halal Indonesia. Seperti platform aplikasi E-Istiqlal 2021, galeri produk halal, area store atau kawasan jual beli produk halal dan co-working space bersama pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Masjid Istiqlal juga mengacu pada masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024.  Sebagai strategi dasar untuk mewujudkan visi ekonomi syariah Indonesia diantaranya adalah peningkatan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta penguatan kapasitas riset dan pengembangan (R&D). [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.