Dark/Light Mode

Layanan Data Telkomsel Tembus 36,61 Petabyte Saat Natal Dan Tahun Baru

Minggu, 3 Januari 2021 20:30 WIB
Layanan Telkomsel. (Foto: ist)
Layanan Telkomsel. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepanjang Natal dan Tahun Baru 2021, trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 36,61 petabyte. 

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, jika dibandingkan dengan hari biasa di 2020, trafik layanan data/digital di momen Natal 2020 mengalami kenaikan payload sebesar 7,77 persen. Sedangkan jika dibandingkan Natal 2019, trafik data di hari Natal 2020 pun tumbuh sekira 45,98 persen. 

Lonjakan trafik komunikasi layanan data di hari Natal 2020 tersebut didorong dengan peningkatan akses layanan digital dari hari biasa. Yakni melalui akses browsing yang naik hingga 14,4 persen layanan streaming video sebesar 9,12 persen, layanan media sosial sebesar 7,85 persen, layanan berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) mencapai 6,26 persen, serta layanan aplikasi/situs media daring yang juga naik sebesar 4,61 persen. 

Sedangkan untuk trafik komunikasi sepanjang periode momen hari raya Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021, terjadi pertumbuhan trafik komunikasi layanan data (payload) sebesar 13,15 persen jika dibandingkan dengan rerata payload pada hari normal 2020, dengan total payload yang mencapai 36,61 petabyte. 

Baca juga : Satpol PP Akan Razia Penjual Terompet dan Petasan Tahun Baru di Yogyakarta

Kemudian jika dibandingkan dengan periode Natal Dan Tahun Baru 2019/2020, trafik layanan data yang dibukukan tahun ini naik 53,28persen. “1 Januari 2021 menjadi puncak dari peningkatan trafik layanan data yang terjadi pada momen NARU 2020/2021,” ujarnya.

Pencapaian tersebut tentunya didorong dari perubahan perilaku pelanggan yang semakin kuat mengadopsi layanan digital untuk mendukung aktivitas keseharian. Tercatat terjadi pertumbuhan tingkat akses terhadap sejumlah layanan digital.

Misalnya layanan e-commerce yang mencapai 26,55 persen, aplikasi berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) yang melonjak hingga 17,58 persen, lonjakan akses browsing naik sekira 17,31 persen, layanan media sosial yang tumbuh sebesar 14,28 persen, penggunaan layanan hiburan digital streaming video sebesar 12,22 persen, serta eskalasi aktivitas mobile gaming mencapai 10,79 persen.

Telkomsel juga menemukan sejumlah aplikasi digital seperti Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagramsebagai enam platform yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik penggunaan layanan data secara umum.

Baca juga : Naik Signifikan, Konsumsi Pertamax Turbo dan Pertamax Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Secara keseluruhan, platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi 30,19 persen dari total jenis layanan berbasis data yang diakses selama momen NARU 2020/2021, diikuti video, communications, games, dan e-commerceyang secara berurutan memiliki proporsi 28,27 persen, 19,58 persen, 2,64 persen, dan 1,85 persen. 

Kemudian, jika dilihat berdasarkan pembagian wilayah, wilayah operasional Sumbagut (Sumatera bagian utara) yang terdiri dari provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam menjadi wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi, yaitu sekira 20,61 persen. Setelahnya ada wilayah Jawa Tengah yang mencatatkan peningkatan payload sebesar 17,64 persen.

Sedangkan Sulawesi, Sumbagsel atau Sumatera bagian selatan (Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu), dan Balinusra (Bali, Nusa Tenggara) melengkapi posisi lima besar dengan pertumbuhan trafik layanan data masing-masing mencapai 15,82 persen, 15,63 persen, dan 14,68 persen, jika dibandingkan payload pada hari biasa sepanjang 2020.

Di lain sisi, untuk trafik layanan legacy (SMS dan suara) pada periode Natal dan Tahun Baru 2020/2021 jika dibandingkan dengan hari biasa 2020, tercatat menghasilkan trafik SMS yang mencapai 612,3 juta pesan singkat, atau tumbuh sebesar 7,02 persen. Sedangkan untuk layanan suara, trafiknya berada di angka 0,914 miliar menit, atau turun sebesar 4,43 persen. 

Baca juga : Cegah Covid-19, Jembatan Suramadu Ditutup Saat Malam Tahun Baru

“Jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu, trafik layanan SMS mengalami peningkatan 2,87 persen, sedangkan trafik layanan suara menurun 18,23 persen,” katanya. 

Menariknya lagi, Telkomsel juga menemukan adanya peningkatan pemakaian dari tiga layanan digital Telkomsel yakni CloudX, VoLTE, dan MAXstream. Dibandingkan dengan hari-hari biasa di 2020, pertumbuhan pemanfaatan platform virtual meeting/conference CloudX bahkan mencapai 379,55 persdn. Selanjutnya, kenaikan layanan VoLTE meningkat 48,43 persen, sedangkan kenaikan platform video streaming MAXstream mencapai 43,33 persen.

“Telkomsel bersyukur tetap dipercaya untuk dapat mendampingi pelanggan dalam memaknai momen pergantian tahun dengan rasa sukacita melalui ketersediaan produk, layanan, dan konektivitas yang andal, walau di tengah masa pandemi Covid-19 yang penuh tantangan seperti saat ini,” ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.