Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tahun Ini, Bank Mandiri Salurkan Bansos Rp 18,6 T

Senin, 4 Januari 2021 16:14 WIB
Pegawai Bank Mandiri. (Foto: ist)
Pegawai Bank Mandiri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk siap menyalurkan bantuan sosial (Bansos) Kementeroan Sosial Rp 18,6 triliun pada tahun ini.

Sepanjang tahun lalu, Bank Mandiri Rp 13,5 triliun. Bansos tersebut disalurksn melalui Program Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Program Bantuan Sosial Tunai, sepanjang 2020.

Sementara, bansos tahun ini terdiri atas Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) kepada sekitar 2,1 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan Bantuan Sosial Program Sembako kepada sekitar 4,3 juta KPM.

Baca juga : Hari Ini, Vaksin Covid-19 Mendarat Di Jayapura

Secara resmi, peluncuran penyaluran bansos Tahun 2021 dilakukan di Istana Negara dan dihadiri oleh Presiden Jokowi, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri BUMN Erick Thohir, Himbara, dan PT Pos.

Langkah ini merupakan respon positif Bank Mandiri bersama Bank Himbara dan PT Pos untuk membantu pemerintah memperkuat jaring pengaman sosial bagi masyarakat. Bank Mandiri sendiri sudah terlibat dalam penyaluran Bansos sejak 2017. 

Dalam kurun waktu 2020, Bank Mandiri telah menyalurkan sekitar Rp 7,3 triliun Program Sembako/BPNT kepada sekitar 3,5 juta KPM dan menyalurkan sekitar 6,2 triliun Program Keluarga Harapan kepada sekitar 1,6 juta KPM.

Baca juga : GPMI Sebar Bantuan Di Lokasi Blusukan Mensos Risma

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan, Bank Mandiri siap bersinergi dengan Kementerian Sosial, Pemda, serta pendamping Bansos di seluruh Indonesia dengan melibatkan 24.197 Agen Bank Mandiri. Adapun proses pencairan bansos akan dilakukan secara non-tunai melalui ATM maupun agen bank agar program ini dapat berlangsung secara efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

“Kami dan Bank Himbara lainnya juga telah melakukan pendataan dan pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dimana KPM penerima bansos Bank Mandiri akan bertambah sekitar 769 ribu” kata Darmawan di Jakarta, Senin (4/1).

Sebagai upaya mempersiapkan penyaluran bansos di tengah wabah Covid-19, Bank Mandiri tetap menjaga dan melakukan monitor kesehatan setiap pegawai serta melakukan berbagai upaya untuk dapat meminimalisir dan mencegah penyebaran virus Covid-19. Caranya dengan menginstruksikan kepada petugas bansos Bank Mandiri dan Agen Mandiri untuk menerapkan protokol kesehatan saat penyaluran bansos.

Baca juga : Hingga Akhir Tahun, Sisa Anggaran Belanja PUPR Masih Rp 6,53 Triliun

Tak hanya itu, pihaknya juga mengingatkan penerima bansos untuk menggunakan masker saat mengambil bantuan, membawa hand sanitizer, menerapkan physical distancing, dan memberikan arahan agar segera pulang setelah menerima bantuan, serta langsung mandi saat baru pulang dari pengambilan bansos. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.