Dark/Light Mode

Hadapi Tantangan Saat Pandemi, Ini Upaya Transformasi BNI

Rabu, 27 Januari 2021 21:20 WIB
(Ki-Ka) Komisaris BNI Asmawi Syam, Komisaris Utama BNI Agus Martowardojo, Menteri BUMN RI Erick Thohir, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar, dan Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati pada BNI Transformation Kick Off 2021 di Jakarta, Rabu (27/1). (Foto: Dok. BNI)
(Ki-Ka) Komisaris BNI Asmawi Syam, Komisaris Utama BNI Agus Martowardojo, Menteri BUMN RI Erick Thohir, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar, dan Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati pada BNI Transformation Kick Off 2021 di Jakarta, Rabu (27/1). (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) telah memiliki fokus masing-masing, di mana BNI akan fokus pada ekspansi bisnis di pasar global.

Dengan mengandalkan jaringan Kantor Cabang Luar Negeri, BNI dapat membantu para pengusaha Indonesia mulai dari segmen UMKM hingga korporasi untuk Go Global, termasuk BUMN. "Tentunya kehadiran BNI, sebagai bank BUMN di kancah internasional akan mengakselerasikan program BUMN Go Global," ujarnya.

Baca juga : Masalah Pendidikan Di Masa Pandemi, Publik Harapkan Solusi Cerdas Dari Nadiem

Tidak hanya mengorbitkan pengusaha lokal, BNI juga dapat membiayai usaha-usaha kecil milik diaspora di luar negeri. Terdapat sekitar 6,64 juta diaspora di 16 negara yang dapat terbantu oleh kehadiran BNI.

Tentunya peran Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI),  Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Indonesia Investment Promotion Center (IIPC), serta asosiasi-asosiasi diaspora akan memperkuat kolaborasi ini.

Baca juga : Perpanjang SIM Di Jakarta, Hari Minggu Ini Hadir Di 2 Lokasi

Optimis Menapaki 2021

Komisaris Utama BNI Agus Martowardojo mengatakan langkah-langkah dan transformasi tengah disiapkan BNI untuk memastikan perseroan tetap mampu tumbuh secara berkelanjutan. "Manajemen telah menetapkan strategi untuk menjadikan BNI sebagai Lembaga Keuangan Yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja secara Berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga : Pelaku UMKM Ini Mampu Bertahan Saat Pandemi Covid-19

Sementara itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menegaskan bahwa di saat pandemi seperti saat ini, dimana bisnis secara umum menurun, BNI berinisiatif melakukan transformasi sebagai upaya akselerasi peningkatan kinerja keuangan secara berkelanjutan, serta menyempurnakan rencana jangka panjang BNI.

Royke menambahkan Program Transformasi BNI ini berbasiskan value BNI RACE, yaitu Risk Culture, Agile, Collaboration, dan Execution Oriented. "Dengan nilai - nilai BNI RACE yang diimplementasikan sehari-hari tersebut BNI dapat bersaing dengan kompetitor, mempersiapkan diri untuk melaju lebih kencang, memimpin persaingan, dan meraih kemenangan," ujar Royke. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.