Dark/Light Mode

Dukung Kebangkitan Usaha Kecil, Angkasa Pura II Siapkan Airport Mall UMKM

Sabtu, 30 Januari 2021 23:21 WIB
Gerai Airport Mall UMKM di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)
Gerai Airport Mall UMKM di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) berkomitmen mendukung pertumbuhan usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM). Pada awal 2021, Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu tempat peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Perhubungan. 

Sebagai upaya mendukung Gernas BBI, Sabtu (30/1), perseroan memperkenalkan program Gerakan Bangga Karya Anak Bangsa Indonesia (Gerbang Indonesia). Program tersebut dikenalkan berbarengan dengan digelarnya webinar ‘Pelatihan UMKM: Pembangunan dan Pengembangan Bisnis UMKM di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru’ yang diikuti ratusan pelaku UMKM. 

“UMKM memiliki agilitas lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis besar. UMKM memang paling cepat terjerembab oleh krisis, namun juga paling cepat bangkit dan menemukan peluang-peluang baru di tengah krisis,” ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, saat menyampaikan keynote speech di dalam talkshow. 

Muhammad Awaluddin menceritakan, dirinya pernah menerbitkan dua buku pengembangan UMKM yakni Digital Entrepreneurshift dan Digital Championshift. “Di dalam buku itu saya tuangkan bahwa penggunaan teknologi itu penting, namun bukan berarti ketika UMKM memanfaatkan teknologi lalu akan sukses seketika. Perlu memahami seluk beluk bisnis dengan memanfaatkan teknologi serta paham strategi atau taktik, dan menjadi bagian dari ekosistem pasar digital,” jelasnya.

Baca juga : Didukung Pengurus Jakarta Pusat, Mayjen Ivan Diharapkan Pimpin Taekwondo DKI Lagi

Muhammad Awaluddin menambahkan, aksi kolektif berbagai sektor sangat dibutuhkan mendukung kebangkitan UMKM. Dalam hal ini, bandara memiliki kelebihan untuk turut mengembangkan UMKM dalam hal pemasaran produk dan program pendukung lainnya. 

“Bandara merupakan pintu gerbang negara dan juga penghubung konektivitas daerah di seluruh Indonesia serta tempat banyak pihak berinteraksi. Sehingga memiliki potensi pasar yang sangat besar seiring dengan tingginya pergerakan penumpang di bandara. Karena itu, kami memperkenalkan program Gerbang Indonesia,” terangnya.

EGM of Airport Service Division PT Angkasa Pura II Anindita Galuh Wardhani menambahkan, Gerbang Indonesia memiliki 3 program utama. Yaitu bandara sebagai gerbang utama pembinaan UMKM, bandara sebagai tempat kegiatan transaksional UMKM, dan bandara sebagai hub pariwisata dan budaya Indonesia. 

"Di dalam program pembinaan UMKM, secara berkelanjutan bandara AP II akan menjalankan pelatihan dan inkubasi untuk mempercepat keberhasilan pengembangan UMKM. Sementara itu, untuk program promosi dilakukan secara offline (digital showcase UMKM, banner, videotron, booth), dan secara online (social media, talkshow, podcast)," ujar Anindita.

Baca juga : Angkasa Pura I Siapkan 6 Antisipasi Kemungkinan Terjadinya Bencana Alam

Pada tahun ini, AP II juga menjadikan bandara sebagai pusat transaksional UMKM dengan membangun konsep Airport Mall UMKM. Sejalan dengan itu, bandara AP II akan menyediakan area komersial khusus bagi UMKM.

Muhammad Awaluddin menuturkan, konsep Airport Mall UMKM ini sangat tepat dijalankan di Bandara Soekarno-Hatta, khususnya di Terminal 3 yang sudah memiliki konsep sebagai mall. “Setiap harinya pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada periode normal mencapai 200.000 orang, dengan pergerakan yang cukup stabil dari pagi hingga malam,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Dalam program bandara sebagai hub pariwisata dan budaya, secara terjadwal dan konsisten bandara-bandara AP II akan mempertunjukkan pagelaran seni dan budaya Indonesia serta menggelar pameran dan bazaar UMKM. 

Kombinasi Online dan Offline
Di dalam talkshow 'Pelatihan UMKM: Pembangunan dan Pengembangan Bisnis UMKM di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru’, terungkap juga bahwa pelaku UMKM penting mengembangkan bisnis secara online dan offline. 

Baca juga : Pulihkan Bisnis, AP II Luncurkan Airport ID Di Bandara Soetta

“Dengan kombinasi (online dan offline), ketika orang ingin mencoba, memegang atau melihat (produk) maka bisa karena ada display. Bantuan sudah banyak diberikan dari pemerintah, seperti sekarang AP II men-support UMKM memberikan lokasi display di sini (Bandara Soekarno-Hatta), itu sudah seperti store. Pelaku UMKM bisa update di medsos, misalnya saat ini store saya ada di sini,” ujar Founder LPK Kompetensi Indonesia & No Drama Coffee Novita Lubis.

Senior Lead Government Relations & Business Partner Bukalapak Luciana Dita mengatakan, tidak ada alasan untuk tidak berjualan online saat ini. Sebab, tools lengkap yang dimiliki Bukalapak sebagai digital platform. “Bukalapak sekarang selain memiliki platform e-commerce juga ada memiliki platform offline to online dan online to offline.” [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.